Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) melalui Pusat Studi Multidisiplin Center of Excellence in Small and Medium Enterprise Development (CoE SMED) menggelar pelatihan bersama Yayasan Astra – Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA). Peserta yang hadir yaitu UMKM dari sektor Kerajinan dan Kuliner. Sebanyak 25 UMKM mengikuti pelatihan selama 2 hari yang berlangsung 20 – 21 Agustus 2025, di Gedung Rektorat UNPAR.
Pelatihan ini merupakan salah satu pondasi yang dapat memperkuat branding marketing UMKM. Pelatihan tersebut mengangkat mengenai Digital Marketing yang bertajuk “Bisnis Lokal, Pasar Global: Strategi Marketing UMKM di Era Online”. Bapak Dianta Hasri selaku pemateri pelatihan memberikan materi Digital Marketing mulai dari basic marketing hingga pemanfaatan website yang mendukung pembuatan konten pemasaran digital. Pelatihan ini bertujuan untuk mendorong UMKM memanfaatkan platform digital sebagai wadah untuk mempromosikan produknya. Dengan konsep Digital Marketing yang dikemas dengan sederhana, harapannya dapat mudah dipahami oleh peserta. UPTD Industri Pangan, Olahan dan Kemasan (IPOK) turut mengisi sesi pada pelatihan Digital Marketing ini dengan memberikan materi singkat teknik foto produk sederhana yang mudah ditiru oleh peserta. Seluruh peserta secara bergantian mempraktikan teknik foto produk sederhana menggunakan smartphone. Sehingga foto tersebut dapat menjadi bahan konten di sosial media masing-masing.
Kegiatan pelatihan ini berjalan dengan lancar dan mendapatkan respon positif dari para peserta. Diharapkan pelatihan ini dapat menjadi langkah awal bagi pelaku UMKM dalam memanfaatkan platform digital sebaik mungkin.
Kegiatan ini turut dihadiri oleh Dr. Ceicalia Tesavrita, selaku Kepala Pusat Studi Multidisiplin Center of Excellence in Small and Medium Enterprise Development (CoE SMED)dan Nina Septiana S.P, M.M, M.Phil selaku Pendamping binaan UMKM.
Asti – YDBA
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan