CHuDS

Center for Human Development and Social Justice

(CHuDS)

Ketua:

Kristian Widya Wicaksono, S.Sos. M.Si., Ph.D.

Visi:

CHuDS adalah pusat penelitian interdisiplin di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan yang menjadikan pembangunan manusia (human development) dan keadilan sosial (social justice) sebagai perhatian utama.

Misi:

  1. Menghasilkan publikasi ilmiah berkualitas tentang pembangunan manusia dan keadilan sosial berdasarkan penelitian dan pengabdian masyarakat.
  2. Menyelenggarakan diseminasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat tentang pembangunan manusia dan keadilan sosial dalam bentuk penyelenggaraan kegiatan forum ilmiah berupa workshop, seminar, konferensi, webinar dan diskusi ilmiah.

Tujuan:

  1. Mendorong peningkatan publikasi ilmiah dosen UNPAR di jurnal nasional dan internasional dengan tema mengenai pembangunan manusia dan keadilan sosial.
  2. Mendorong peningkatan jumlah kegiatan pengabdian masyarakat di lingkungan UNPAR yang memberikan dampak positif secara nyata bagi berbagai komunitas masyarakat khususnya kelompok marginal dan masyarakat miskin (preferential option for the poor).
  3. Meningkatkan jumlah kegiatan forum akademik mengenai pembangunan manusia dan keadilan sosial di lingkungan UNPAR berupa workshop, seminar, konferensi, webinar dan diskusi ilmiah.

Bidang Kajian:

  1. Filsafat Pancasila dan Keadilan Sosial.
  2. Anti-korupsi.
  3. Sustainable Development Goals dan Pengentasan Kemiskinan.
  4. Studi Perdamaian dan Resolusi Konflik.
  5. Hubungan Industrial dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.
  6. Rekayasa Sosial dan Pembangunan Masyarakat.
  7. Masalah Lingkungan, Restorasi Sungai Citarum dan Manajemen Krisis Kebencanaan.
  8. Studi Perempuan dan Ketimpangan Gender.
  9. Kajian Pembangunan Kewilayahan Desa & Kota.

 

 

X