Beranda / Berita / Pengabdian Masyarakat : Rancang Bangun Bangunan Bambu Untuk Musolla di Lembang

Pengabdian Masyarakat : Rancang Bangun Bangunan Bambu Untuk Musolla di Lembang

Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Tani Mandiri ini merupakan salah satu P4S binaan BBPP Lembang, juga merupakan salah satu tujuan kegiatan magang penyuluh/ petani Nasional maupun Internasional seperti Asia, Pasifik, dan Amerika. Visi dari P4S Tani Mandiri ini adalah menyebarluaskan ilmu dan pengalaman usaha tani dalam rangka membangun jiwa dan usaha agrobisnis insan-insan pertanian. Sedangkan misinya adalah melaksanakan pelatihan pertanian sayuran bagi petani, siswa-siswa, dan mahasiswa pertanian serta membangun pola usaha tani spesifik dan memberikan pilihan usaha untuk masyarakat desa dalam rangka menekan urbanisasi. Dalam menunjang visi dan misinya, maka P4S membutuhkan sarana yang menunjang kegiatannya, salah satunya sarana ibadah.

Dalam mendukung kegiatan kelompok tani yang tergabung dalam P4S Tani Mandiri ini Program Studi Arsitektur mempunyai kegiatan pengabdian masyarakat ini terkait erat dengan kebutuhan P4S Tani Mandiri yaitu mensosialisasikan manfaat bambu sebagai material lokal yang dapat menjadi material konstruksi yang berkelanjutan. Bambu merupakan material yang berpotensi sebagai material bangunan. Kegiatan ini diharapkan akan mengubah pandangan masyarakat mengenai material bambu dan kemudian memanfaatkan kembali dan membudidayakan material lokal ini.

Kegiatan pengabdian ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan program studi Arsitektur yang bertajuk “Parahyangan Bamboo Nation”. Rangkaian kegiatan tersebut dibagi dalam 5 tahap, yaitu: (1). Tahap eksplorasi gagaran rancangan, (2) tahap pengembangan rancangan terpilih, (3) tahap simulasi model dan pembuatan mock up, (4) tahap pembangunan, dan (5) tahap penyuluhan kepada masyarakat.

Dampak positif dari kegiatan pengabdian ini terhadap mitra selain ketersediaan sarana yang diperlukan mitra, yaitu up-dating ilmu pengetahuan dan teknologi mengenai bambu sebagai material konstruksi kekinian. Sedangkan dampak positif bagi akademisi adalah peningkatan atensi komunitas akademik terhadap kelompok masyarakat kecil serta peningkatan kegiatan pengembangan ilmu, teknologi dan seni di program studi. Selain itu, dampak bagi pengabdi (dosen dan mahasiswa) adalah pengembangan softskills dan hardskills.

Berikut adalah beberapa gambar tahap pembangunan sarana ibadah bagi komunitas petani P4S Tani Mandiri

Tahap Simulasi Model Struktur dan Pembuatan Mock Up

bambu5

Tahap Pembangunan

bambu4

Hasil Akhir Pembangunan Musholla Bambu

   Bambu2 Bambu1