Beranda / Berita / Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Nias Barat

Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Nias Barat

Dalam beberapa tahun ini, pemekaran berbagai daerah baik di tingkat Provinsi maupun Kabuptan terjadi yang bertujuan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut. Salah satu daerah pemekaran adalah Kabupaten Nias Barat, yang kehadirannya didasarkan pada Undang-Undang Nomor 46 Tahun 2008. Kabupaten Nias Barat mempunyai penduduk sekitar 90.000 jiwa dan terdiri dari 8 kecamatan yakni: Lahomi, Sirombu, Mandrehe Barat, Moro’o, Mandrehe, Mandrehe Utara, Lolopitu Moi, dan Uli Moro’o.

Dalam rangka Tridharma Perguruan Tinggi, Unpar mengadakan Perjanjian Kerja Sama (PKS) secara formal dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Barat. Disebut secara formal, karena jauh sebelumnya, Unpar telah melakukan kerja sama secara informal dengan Pastoran Ordo Salib Suci (OSC) di Mandrehe dalam pemberian beasiswa kepada masyarakat tidak mampu secara sosial ekonomi di Kabupaten Nias Barat. PKS ditandatangani pada tanggal 13 Desember 2013 oleh Dr. Laurentius Tarpin OSC, sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpar dan Zemi Gulo, S.H, sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat. Ruang Lingkup PKS ini mencakup bidang: 1. Infrastruktur; 2. Pemerintahan; 3. Ekonomi, Keuangan dan Industri; dan 4 Penyaluran Beasiswa Stichting Parahyangan Nias (SPN-Unpar).

Sebagai realisasi dari pelaksanaan PKS, pada tanggal 12-16 Oktober 2014 Tim Unpar yakni 1. Dr. Sentosa Sembiring, S.H.,M.H; 2. Drs.Deny M.Tri Aryadi, M.Si; 3.Aloysius Tjan, Ph,D ; dan 4. Dr. Paulus Sukapto, MBA, melaksanakan pengabdian masyarakat di Mandrehe Kabupaten Nias Barat. Pengadian dalam bentuk pelatihan diselenggaran mencakup bidang: 1. Pemerintahan Desa, 2. Badan Usaha Milik Desa, 3. Kebinamargaan dan 4. Pengelolaan Industri Karet. Acara pengabdian masyarakat secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupatan Nias Barat Bapak Zemi Gulo, S.H. Peserta yang hadir, antara lain camat berserta staf, staf bidang kebinamargaan dan kepala Dinas Pertanian dan peridustrian beserta staf.

Berikut adalah beberapa foto Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Nias Barat

nias 3

nias 3

nias 1

nias 2