Bandung – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) melalui Pusat Studi Multidisiplin Center of Excellence in Small and Medium Enterprise Development (CoE SMED) menggelar pelatihan bersama Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) bagi 20 UMKM binaan yang berlangsung pada Tanggal 15 Agustus 2024, di Gedung PPAG UNPAR.
Pelatihan tersebut mengangkat mengenai Pelatihan Pemasaran yang bertajuk “Optimasi Penggunaan Media Sosial Dalam Memperluas Jejaring Pasar Melalui Pemasaran Digital”. UMKM dipandu membuat content plan dengan langkah awal menentukan jadwal dan materi konten yang akan dibuat sehingga nantinya bermanfaat untuk branding produk UMKM. Selain itu, UMKM di support dalam proses pembuatan iklan berbayar sebagai salah satu upaya untuk memperluas jejaring pasar, dan diharapkan mampu meningkatkan penjualan masing-masing produk UMKM. Sebagai salah satu bentuk support, UMKM yang berhasil memposting iklan diberikan subsidi biaya untuk posting iklan berbayar. Pelatihan Pemasaran ini merupakan agenda lanjutan setelah sebelumnya dilaksanakan Pelatihan dengan materi tentang Cost Calculation.
Berkesempatan hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Dr. Margaretha Banowati Talim, dra. M.Si selaku Kepala Pusat Studi Multidisiplin Center of Excellence in Small and Medium Enterprise Development (CoE SMED) UNPAR; Nina Septina S.P, M.M, M.Phil selaku Pendamping UMKM binaan serta Syayu Zhukhruffa, S.Sos., MA. selaku pemateri pada pelatihan tersebut.
(ASTI-YDBA)