Workshop UNPAR : Penulisan Proposal Penelitian Bagi Dosen Pemula

Dalam rangka meningkatkan partisipasi kegiatan penelitian bagi para dosen baru di Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menyelenggarakan Workshop Penulisan Proposal Penelitian bagi Dosen Pemula UNPAR. Sesuai dengan namanya, kegiatan tersebut secara khusus ditujukan kepada para dosen-dosen muda UNPAR, yakni para dosen yang baru diterima di UNPAR per tahun 2018, dan memiliki jabatan fungsional maksimum Asisten Ahli. Kegiatan tersebut diadakan secara daring, menggunakan media Zoom, pada Jumat, 9 September 2022.

Kegiatan ini terbagi menjadi 2 sesi dengan mengundang Prof.Dr. J. Dharma Lesmono dan Dr. Henky Muljana, S.T., M.Eng. sebagai pembicara.

Sesi pertama dimulai dengan penjelasan Prof.Dr. J. Dharma Lesmono mengenai langkah awal penulisan proposal. Beliau menegaskan bahwa penelitian merupakan salah satu dharma dalam Tri Dharma Perguruan tinggi yang harus dilakukan oleh para dosen. “Pendidikan, penelitian dan pelayanan kepada masyarakat bisa memperkaya proses pembelajaran, namun kegiatan penelitian merupakan hal yang cenderung sulit dipenuhi”, ujarnya.

Sebagai awal dalam menulis proposal penelitian, dosen harus memperhatikan persyaratan, format, sistematika, luaran, monev, dan batas laporan akhir yang telah ditetapkan masing-masing. Namun, langkah awal dalam melakukan penelitian adalah menyusun proposal penelitian terlebih dahulu. Dalam pengintegrasian seluruh rencana dan pelaksanaan penelitian, road map penelitian harus terus dikembangkan sepanjang perjalanan penelitian.

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai layanan yang ada di LPPM, khususnya skema-skema penelitian, sesi kedua dipimpin langsung oleh Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, yakni Dr. Henky Muljana, S.T., M.Eng. Beliau menjelaskan fungsi, layanan, dan fasilitas yang disediakan LPPM, yang terdiri dari penelitian, pengabdian, pengelolaan hasil P2M, dan tata usaha. Setiap bagian dijelaskan dijelaskan secara rinci dan bisa dilihat secara lengkap pada situs resmi https://lppm.unpar.ac.id.

Pemaparan dari kedua pembicara mendapat tanggapan yang positif dari para peserta yang dibalut dengan diskusi hangat. Semoga workshop tersebut dapat memberikan manfaat bagi para dosen pemula terutama dalam kegiatan penelitian.

X