Home / Berita / Seminar Terpusat Dana Internal 2018

Seminar Terpusat Dana Internal 2018

Dalam rangka menjamin mutu penelitian dan pengabdian dana internal, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) menyelenggarakan kegiatan seminar terpusat untuk penelitian dan pengabdian internal tahun 2018 di Sekolah Pascasarjana UNPAR, pada Kamis (1/11). Seminar Terpusat di tahun ini adalah seminar terpusat kedua yang diselenggarakan oleh LPPM. Kegiatan tersebut ditujukan untuk para dosen UNPAR yang pada
tahun 2018 ini mendapatkan dana penelitian atau pengabdian internal UNPAR, dan / atau mengelola
penelitian atau pengabdian dana mandiri yang dicatatkan di LPPM UNPAR.

Acara ini dibagi menjadi 7 sesi, dengan sesi pertama berjumlah 3 kelas paralel dan sesi kedua berjumlah 4 kelas paralel. Kelas tersebut dibagi berdasarkan bidang keilmuan menjadi kelas Teknik, Teknologi Informasi dan Sains (Kelas A), kelas Teknologi Industri (Kelas B), kelas Ekonomi, Humaniora, dan Sosial (Kelas C), kelas Pengabdian kepada Masyarakat (Kelas D).

Pada Kelas A sesi pertama dimoderatori oleh Prof Bambang Suryoatmono dan pada sesi kedua dimoderatori oleh Dr. Erwinna Chendra, SSi, MSi. Kelas ini cukup ramai, karena tidak hanya dihadiri oleh presenter dari sesi tersebut, tetapi ada juga peserta-peserta lainnya. Kelas ini cukup menarik karena presenter berasal dari beberapa prodi berbeda sehingga terjadi “icip-icip” lintas bidang ilmu, mulai dari arsitektur, beton, big data, hingga dialog ilmu dengan Tuhan.

Kelas B yang merupakan kelompok Teknik Industri, hadir sebagai presenter dari program studi Teknik Industri, Teknik Kimia, dan Teknik Elektro. Para presenter yang didominasi oleh dosen-dosen muda ini dengan antusias memberikan presentasinya terkait temuan-temuan yang merupakan bagian dari penelitiannya. Mulai dari Teknologi Pengembangan Industri Garam, hingga pengembangan pemasaran berbasis online. Penelitian Presenter ini akan disempurnakan dari masukan-masukan yang diberikan selama kegiatan seminar. Hadir sebagai moderator adalah Dr. Tedy Hudaya, dan 2 orang reviewer: Dr. Asaf Kleopas Sugih (Sesi I), dan Dr. Judy Retti B. Witono (Sesi II).

Kelas C adalah kelompok pada penelitian di bidang ekonomi, hukum, dan sosial yang bervariasi antar lintas fakultas. Selain itu dengan terlibat aktif presenter, audiens, dan reviewer membuat suasana kelas ini menjadi hidup dan bersemangat. Pada kesempatan ini hadir Ibu Sylvia Yazid (Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) sebagai moderator. Selain itu, dalam kelas C ini juga hadir 2 orang reviewer, yaitu: Bapak Dr. Tristam Pascal Moeliono, S.H., M.H., LL.M. (sesi I) dan Bapak Gandhi Pawitan, Ir., M.Sc., Ph.D. (sesi II).

Sedangkan pada kelompok Pengabdian kepada Masyarakat (Kelas D) terdapat 7 judul pengabdian yang dipresentasikan. Presenter pada sesi ini berasal dari 3 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains. Bervariasinya bidang yang dimiliki presenter dan peserta seminar di sesi ini menghasilkan kesadaran bersama bahwa perlu adanya pengabdian multidisiplin. Pengabdian yang dilakukan oleh berbagai bidang ilmu dapat saling melengkapi kekurangan dari masing-masing bidang keahlian. Misal, pengabdi dari kelompok sosial dapat menggunakan kemampuan dalam bidang sosialnya untuk mendiseminasikan program kepada masyarakat, sedangkan pengabdi dari kelompok teknik dapat membantu dalam teknik pengerjaan program pengabdian yang akan dilakukan.

Dalam kegiatan seminar terpusat ini, setiap sesi ditutup dengan pembagian sertifikat baik untuk peserta maupun untuk moderator dan reviewer.

Kami mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya bagi para peneliti, pengabdi, moderator, dan reviewer yang telah berkontribusi dalam keseluruhan rangkaian kegiatan ini. Kami berharap kegiatan seminar terpusat tahun 2018 ini dapat meningkatkan iklim kondusif kerja sama demi pengembangan hasil dan dampak penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Akhir kata selamat berkarya untuk kinerja UNPAR yang lebih baik.