Pameran Poster Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dan Pameran Pusat Studi Multidisiplin 2023

LPPM UNPAR kembali mengadakan Pameran dan Lomba Poster Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat pada awal tahun 2023. Pameran ini digelar sebagai salah satu kegiatan dalam Dies Natalis UNPAR yang ke-68 dan menjadi sarana komunikasi/diseminasi atau pertanggungjawaban hasil kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh para dosen UNPAR pada tahun 2022. 

Selain pameran poster penelitian dan pengabdian, pada kegiatan kali ini juga terdapat dua Pusat Studi Multidisiplin yang berpartisipasi dalam pameran tersebut. Kedua Pusat Studi tersebut terdiri dari Pusat Studi Kajian Pembelajaran STEM dan Center for Human Development and Social Justice.

Pameran ini berlangsung sejak Senin hingga Jumat, 9-13 Januari 2023 di Gedung Pusat Pembelajaran Arntz-Geise 2 (PPAG 2) Lantai 3 UNPAR. Sebanyak 104 poster hasil karya para akademisi UNPAR dipamerkan, yang terdiri dari 71 hasil penelitian dan 33 hasil pengabdian dari berbagai bidang keilmuan, seperti teknik, hukum, ekonomi, serta ilmu sosial. Poster-poster ini memuat hasil penelitian dan pengabdian yang dirancang dengan visual yang baik dan menarik, sehingga mudah dipahami oleh masyarakat.

Melalui pameran poster ini, para pengunjung dapat memperoleh wawasan baru dari hasil penelitian dan pengabdian, bahkan dapat berkontribusi juga untuk menentukan poster terbaik, baik dari sisi desain grafisnya maupun substansi dan penyajiannya. Setiap pengunjung diberi kesempatan untuk memilih 3 poster penelitian dan 2 poster pengabdian yang menurut mereka paling baik, sedangkan untuk reviewer penilaian poster dibagi dalam 3 kategori, yaitu kelengkapan informasi, isi / substansi, dan estetika. 

Berdasarkan hasil penilaian pengunjung dan reviewer, poster terbaik kategori penelitian diberikan kepada :

NamaJudul Poster
Paulus Cahyono Tjiang, Ph.D.BEBERAPA ASPEK DALAM LUBANG HITAM KALUZA-KLEIN: PERUNTUKAN LUBANG HITAM 
Prof. Dr. Ignatius Bambang SugihartoME-REARTIKULASIKAN ONTOLOGI: ANTARA METAFISIKA, FISIKA DAN AKASHIC 
Catharina Badra Nawangpalupi, Ph.D.FEMALE FARMER CAPACITY BUILDING: SHARING AND COLLABORATION TO IMPROVE COFFEE FARMING
Willfridus Demetrius Siga, S.S., M.Pd. EFEKTIVITAS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENANGKAL HOAX

Sedangkan poster terbaik kategori pengabdian diberikan kepada :

NamaJudul Poster
Dr. Maria Widyarini, S.E., M.T.PENGUATAN PENGEMBANGAN DAN KELEMBAGAAN KLASTER PARIWISATA DI KAMPUNG ADAT CIREUNDEU
Cherish Rikardo, S.Si., M.T.PENGOLAHAN MINYAK JELANTAH MENJADI LILIN UNTUK MENGURANGI LIMBAH LINGKUNGAN
Onesius Otenieli Daeli, SS., M.Hum., Ph.D.ECCR – BUDAYA EKOLOGIS: MERAWAT ALAM, MERAWAT KEHIDUPAN

Poster-poster tersebut mendapatkan penghargaan dalam perayaan Dies Natalis ke-68 UNPAR. LPPM mengucapkan selamat kepada para dosen pemenang poster terbaik dan berterima kasih kepada semua akademis yang telah berkinerja baik di tahun 2022. Kami berharap kinerja baik ini dapat terus ditingkatkan di tahun selanjutnya.

X