Meningkatkan Kualitas Luaran Non Jurnal Dosen, LPPM UNPAR Gelar Workshop Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Dalam rangka meningkatkan kualitas luaran non jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di lingkungan Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) secara berkelanjutan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) berkolaborasi bersama dengan Lembaga Pengembangan Institusi dan Inovasi (LPII) mengadakan workshop Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang dilaksanakan pada tanggal 2-3 November 2022 pukul 10.00-16.00 WIB di Gedung 0 Rektorat Lantai 4 – Operation Room.

Kegiatan ini mengundang Ibu Yustina Niken Sharaningtyas, S.H., M.H. sebagai pembicara hari pertama. Sebagai Ketua Sentra KI Universitas Atma Jaya Yogyakarta, beliau membawakan materi mengenai jenis, pengertian, dan proses pengajuan Hak Kekayaan Intelektual (HKI). HKI ini terbagi menjadi paten, merek, desain industri, hak cipta, indikasi geografis, rahasia dagang, dan Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu (DTLST). Salah satu pernyataan yang harus menjadi dasar pemahaman para dosen, yakni “Ide bukanlah hal yang bisa dilindungi oleh hukum, karena yang dilindungi adalah karya yang nyata”, tuturnya.

Poin lain yang dibahas adalah HKI sebagai hasil/luaran penelitian dan abdimas (non jurnal) yang dapat diimplementasikan oleh para dosen saat ini. Contoh nyata kegiatan abdimas yang dapat diajukan HKI adalah kemasan produk yang masuk dalam desain industri. Terakhir, beliau membawakan materi mengenai komersialisasi HKI terkait produk dan royaltinya yang dapat dimanfaatkan sebagai income generating. Selain itu, kekayaan Intelektual juga dapat dijadikan jaminan fidusia/ pembiayaan kredit bank dengan dilakukan valuasi untuk menentukan nilai moneternya.

Pemaparan materi mengenai HKI hari pertama telah usai dan ditutup dengan diskusi antara pembicara dan peserta yang hadir. “Selamat berkarya dan berinovasi demi kejayaan bangsa”, tutupnya. Semoga workshop ini bermanfaat bagi para dosen sekalian untuk bisa memberikan karya sebanyak-banyaknya yang bermanfaat bagi institusi dan masyarakat.

X