Lomba Tampilan OJS 3 Jurnal Ilmiah UNPAR

Website journal.unpar.ac.id yang sekarang digunakan oleh para pengelola Jurnal akan dilakukan pemutakhiran software dari OJS versi 2.4.8.3 menjadi OJS versi 3.2.1.0. Sebelum pemutakhiran software tersebut, LPPM memastikan kesiapan para pengelola jurnal dalam mengelola OJS versi terbaru.

Dengan memastikan kesiapan para pengelola jurnal, pertama kalinya LPPM menyelenggarakan lomba tampilan Jurnal Ilmiah versi OJS 3 dengan kriteria penilaian dari segi estetika, tampilan, dan konten. Tujuan diadakan Lomba OJS 3 ini juga untuk memeriahkan DIES UNPAR ke-66 dan mendorong peningkatan mutu penerbitan Jurnal Ilmiah di Lingkungan Universitas Katolik Parahyangan serta.

Terdapat 12 Jurnal Ilmiah di UNPAR yang diikutsertakan dalam Lomba tersebut diantaranya adalah Melintas, Veritas et Justitia, Bina Ekonomi, Jurnal Ilmiah Hub. Internasional, Jurnal Rekayasa Sistem Industri, Riset Arsitektur (RISA), Jurnal Administrasi Bisnis, Jurnal HPJI, Jurnal Transportasi, Jurnal Administrasi Publik, Focus, dan Jurnal Sentris.

Penilaian Lomba OJS 3 ini dilakukan oleh dewan juri yang merupakan seorang reviewer pada tanggal 7-8 Januari 2021, meliputi 3 kriteria yaitu:

  1. Tampilan secara Umum : Penggunaan Warna, Jenis dan Ukuran Huruf, Menarik atau tidaknya tampilan secara keseluruhan, Penggunaan Bahasa
  2. Kesesuaian dengan Standar ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional) : Terdapat penamaan dan penjelasan singkat tentang Jurnal, Disebutkan e-ISSN/p-ISSN, Kelembagaan Penerbit, Informasi Korespondensi/Kontak dan Tim Editorial, Publication Ethic Statement, Jadwal atau Periode Penerbitan, Archiving, Focus & Scope, Lembaga Pengindeks.
  3. Penempatan Menu Sub Bar : Apakah menu mudah ditemukan, Kesesuaian Sub Bar dan Isinya.

Melalui kriteria-kriteria tersebut, Juri memutuskan tiga juara untuk masing-masing jurnal yang ada di lingkungan UNPAR sebagai berikut :

JUARA 1

JURNAL REKAYASA SISTEM INDUSTRI (JRSI)

Jurnal Rekayasa Sistem Industri (JRSI), adalah Jurnal Ilmiah di bawah naungan Fakultas Teknologi Industri, jurusan Teknik Industri UNPAR. Pertama kali dikenalkan pada tanggal 29 Mei 2007. Sejak Januari 2019, JRSI telah terindeks Directory of Open Access Journal (DOAJ). Status Akreditasi Sinta 3 yang dikelola oleh editor in chief Dr. Yogi Yusuf Wibisono, S.T., M.T.

JRSI menerima berbagai artikel ilmiah dari peneliti baik dari kalangan akademisi ataupun mahasiswa. Dalam terbitannya setiap tahun, JRSI dibagi menjadi 2 terbitan yaitu pada bulan April dan Oktober. Setiap artikel yang akan terbit, selalu dilakukan pengecekan kemiripan dokumen untuk menghindari plagiarisme.

JUARA 2

JURNAL ILMIAH HUBUNGAN INTERNASIONAL (JIHI)

Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional (JIHI), terbit secara periodik 2 kali setiap tahun, yaitu antara bulan Maret-Mei dan September-November. JIHI dikelola dan diterbitkan oleh pusat studi Parahyangan Center for International Studies (PACIS) di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Jurusan Hubungan Internasional UNPAR dengan status Akreditasi SINTA 2 (dalam tahap Internasionalisasi Jurnal) yang dikelola oleh Editor in Chief Elisabeth Adyiningtyas Satya Dewi, S.IP., M.A., Ph.D.

JIHI memiliki area penelitian dibidang yang terkait dengan keamanan dunia, ekonomi-politik internasional, rezim, gender, Organisasi Internasional, media, dan hubungan internasional lainnya. Seluruh artikel yang diterima dewan editor akan dilakukan proses blind-review oleh reviewer eksternal. Setelah seluruh proses disetujui, artikel ilmiah akan diterbitkan secara online melalui system Open Journal System (OJS) yang bisa diakses melalui website, dan juga diterbitkan secara cetak.

Proficiat bagi pemenang Lomba OJS 3 pada Tahun 2021 ini. Diharapkan di masa mendatang jurnal-jurnal ilmiah di UNPAR dapat menghasilkan karya yang lebih baik dalam mendukung perkembangan ilmu komunitas akademik UNPAR.