Dukung Diseminasi Hasil Penelitian dan Pengabdian Dosen UNPAR, LPPM Gelar Seminar Terpusat Tahun 2021

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), bekerja sama dengan jurusan dan para reviewer menyelenggarakan kegiatan Seminar Terpusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat pada hari Selasa (9/11/2021). Sebagaimana tahun 2020, kegiatan Seminar Terpusat ini dilaksanakan secara daring menggunakan media Zoom.

Seminar ini ditujukan terutama untuk para dosen UNPAR yang pada tahun 2021 ini mendapatkan dana penelitian atau pengabdian internal UNPAR, dan/atau mengelola penelitian atau pengabdian mandiri yang dicatatkan di LPPM UNPAR. Seminar ini dibagi menjadi 2 sesi, masing-masing sesi dibagi menjadi beberapa kelas berdasarkan bidang ilmu. Sesi 1 terdiri dari 3 kelas, sementara sesi 2 terdiri dari 4 kelas.

Hal yang berbeda dalam Seminar Terpusat tahun 2021 ini adalah adanya pengenalan beberapa Pusat Studi Multidisiplin di UNPAR. Pengenalan ini dilakukan dengan tayangan video profil pusat studi yang dilanjutkan dengan tanya jawab dengan para Ketua Pusat Studi Multidisiplin tersebut. Pusat Studi Multidisiplin yang diperkenalkan terdiri dari:

  • Center of Excellence in Small Medium Enterprise Development (CoE SMED)
  • Centre of Excellence in Urban Infrastructure Development (CUID)
  • Centre for Adaptation and Resilience Environmental Design studies (CAREDs)
  • Pusat Studi Pancasila

Bapak/Ibu dapat mengakses video profil pusat studi multidisiplin tersebut pada link berikut ini: https://bit.ly/VideoPusDi

Setelah pengenalan pusat studi, kegiatan seminar dimulai dengan kelas paralel dengan pembagian sebagai berikut:

Sesi 1

Kelas A terdiri dari para peneliti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Filsafat, Hukum, dan Ekonomi dengan moderator/chairperson yaitu Brigita Meylianti Sulungbudi, Ph.D.,ASCA., CIPM. dan dua reviewer yaitu Prof. Dr. J. Dharma Lesmono dan Dr.Ir.Y.Karyadi Kusliansjah,M.T.,IAI.

Kelas B terdiri dari para peneliti Fakultas Teknik, Teknologi Informasi dan Sains, dan Teknologi Industri dengan moderator/chairperson yaitu Reinard Primulando, Ph.D., dan dua reviewer yaitu Anastasia Caroline Sutandi, Ir, MT.,Ph.D, IPM dan Sylvia Yazid, PhD.

Kelas C terdiri dari para pengabdi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ekonomi, Teknik, Filsafat, dan Hukum dengan moderator Nina Septina, S.P., M.M., M.Phil. dan dua reviewer yaitu Dr. Judith Felicia Pattiwael Irawan dan Prof.Dr.Judy Retti Witono, Ir.,M.App.Sc

Sesi 2

Kelas A terdiri dari para peneliti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Filsafat, Ekonomi, dan Teknologi Industri dengan moderator/chairperson yaitu Jessica Martha, S.IP., M.I.Pol. dan dua reviewer yaitu Gandhi Pawitan, Ph.D. dan Dr. Asaf Kleopas Sugih, Ir.

Kelas B terdiri dari para peneliti Fakultas Teknik dan Teknologi Industri dengan moderator/chairperson yaitu Ratna Frida Susanti, Ph.D. dan dua reviewer yaitu Dr. Ferry Jaya Permana, ASAI dan Herry Santoso, S.T., M.T.M., Ph.D.

Kelas C terdiri dari para pengabdi Fakultas Ekonomi, Teknik, Filsafat, dan Teknologi Industri dengan moderator/chairperson yaitu Farah Kristiani, S.Si., M.Si., Ph.D. dan dua reviewer yaitu Prof. Dr. J. Dharma Lesmono dan Sylvia Yazid, PhD

Kelas D terdiri dari para pengabdi Fakultas Teknologi Informasi dan Sains, Ekonomi, Teknologi Industri dan Filsafat dengan moderator/chairperson yaitu Dr. Livia Owen, S.Si., M.Si. dan dua reviewer yaitu Anastasia Caroline Sutandi, Ir, MT., Ph.D, IPM dan Arenst Andreas, Ph.D.

Presentasi dilakukan dengan menayangkan video yang telah dibuat oleh masing-masing presenter. Penayangan video dilakukan oleh petugas ruang zoom dari Tim LPPM. Kemudian dilanjutkan dengan proses tanya jawab dari peserta dan reviewer. Terdapat 49 judul hasil karya penelitian dan pengabdian yang dipaparkan dalam Seminar Terpusat ini.

Kami mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi bagi  para peneliti, pengabdi, moderator dan reviewer yang telah berkontribusi dalam keseluruhan rangkaian kegiatan Seminar Terpusat LPPM tahun 2021.

X