DONOR DARAH LPPM KE-48

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNPAR kembali bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung untuk menyelenggarakan aksi sosial kemasyarakatan Donor Darah ke-48 pada bulan Januari 2023. Aksi ini merupakan salah satu wujud nyata dari program pengabdian kepada masyarakat UNPAR yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dan tentunya juga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Aksi donor darah ini diselenggarakan pada Rabu, 11 Januari 2023 pukul 08.00-12.00 WIB di Gedung Pusat Pembelajaran Arntz-Geise 2 (PPAG 2) Lantai 3 UNPAR. Sebanyak 200 orang peserta mendaftarkan diri, baik secara daring maupun luring di lokasi donor. Para peserta calon donor yang mendaftar terdiri dari pegawai, mahasiswa, dan tenaga outsourcing yang berkarya di lingkungan UNPAR, serta anggota keluarga inti dari para calon pendonor.

Seperti halnya kegiatan donor darah lainnya, tahapan donor darah kali ini dimulai dengan proses registrasi dengan mengisi berbagai data pribadi yang dibutuhkan. Selanjutnya, peserta mengikuti pengecekan tekanan darah oleh dokter dan kadar hemoglobin (Hb) oleh petugas PMI. Tidak semua peserta diperbolehkan untuk mendonorkan darahnya, karena alasan kesehatan seperti tekanan darah dan kadar hemoglobin (Hb), ataupun dikarenakan alasan lainnya. Setelah peserta dianggap memenuhi standar normal yang telah ditetapkan, barulah peserta dinyatakan ‘lolos’ untuk pengambilan darah. Dari kegiatan donor darah tersebut, terkumpul 157 labu darah dan akan disimpan untuk persediaan Bank Darah Kota Bandung.

Akhir kata, LPPM UNPAR mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kesediaan dari seluruh peserta dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan donor darah kali ini. Sampai jumpa pada kegiatan donor darah selanjutnya yang direncanakan akan kembali terselenggara pada bulan April 2023 mendatang.

X