Desa Sejahtera ASTRA (DSA) UNPAR – ASTRA Tahun Ke-3

Berawal sejak tahun 2019, program pendampingan Desa Sejahtera Astra (DSA) yang merupakan kerja sama antara LPPM UNPAR dengan PT Astra International Tbk telah memasuki tahun ke-3. Sama halnya dengan program pendampingan di tahun ke-2, untuk tahun ke-3 ini jumlah desa yang didampingi dalam program tersebut sebanyak 18 desa, yang tersebar pada 6 kabupaten di provinsi Jawa Barat.

Dalam pelaksanaan ini, terdapat 4 hal yang perlu diperhatikan dan menjadi indikator program, yaitu: 1) Masyarakat Terpapar Program; 2) Peningkatan Pendapatan; 3) Tenaga Kerja Baru; dan 4) Produk Terserap Pasar. Tentunya keempat indikator tersebut menjadi acuan perencanaan kegiatan, termasuk pengembangan desa dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dikelola. Selain itu, untuk mendukung kontinuitas program, akan didorong pula pembangunan jejaring dengan mitra terkait atau stakeholder, seperti pemerintah kabupaten dan lainnya.

Program pendampingan tersebut juga akan berkolaborasi dengan program-program lainnya yang direncanakan oleh Astra, seperti donasi alat, donasi sembako, KBADSA INNOVATION, dan beberapa program insidental lainnya. Melalui berbagai program ini, diharapkan dampak baik yang dirasakan oleh seluruh akan semakin besar.

Di samping itu, mahasiswa-mahasiwa juga ikut dilibatkan dalam program tersebut. Dengan ini, kegiatan-kegiatan kolaboratif bersama mahasiswa seperti Matching Fund atau hibah-hibah lainnya dapat diupayakan untuk terus mendukung Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dan tentunya semakin menggemakan sesanti UNPAR dalam masyarakat. (Arnold Rurry – KaDiv. Pengembangan PKM)

X