Beranda / Berita / Workshop Social Return on Investment

Workshop Social Return on Investment

Social Enterpreneurship adalah suatu kegiatan yang sudah berkembang di Indonesia. Secara sederhana social enterpreneurship atau kewirausahaan sosial adalah suatu kegiatan kewirausahaan yang mengedepankan tujuan sosial dan lebih ditujukan untuk kesejahteraan maupun pengembangan masyarakat, sehingga ukuran keberhasilannya bukan dihitung berdasarkan profit / pendapatan, tetapi berdasarkan manfaat yang diterima oleh masyarakat.

Salah satu cara untuk mengukur dampak sosial dari kegiatan sosial enterpreneur ini adalah dengan menggunakan metode Social Return on Investment (SROI).  SROI ini dapat digunakan untuk mengukur dampak sosial yang telah dihasilkan maupun meramalkan dampak sosial yang mungkin dihasilkan di masa yang akan datang.

DSC_0425Terkait dengan adanya penelitian-penelitian dosen UNPAR  yang bertemakan social enterpreneurship ini, maka pemahaman para peneliti tentang SROI sebagai salah satu metode pengukuran dampak sosial adalah suatu yang penting. Untuk itu LPPM mengadakan workshop tentang penggunaan metode SROI tersebut.

Workshop tersebut diadakan pada tanggal 23 Maret 2016, dengan mengundang pembicara Prof. Albert Chu-ying Teo dari National University Singapore (NUS) dan dihadiri 21 dosen UNPAR.

DSC_0429Pada kegiatan tersebut Prof. Teo menjelaskan tentang apa itu SROI dan bagaimana penggunaannya. Kegiatan pun tidak hanya diisi dengan bentuk kuliah, tetapi ada pula bentuk diskusi kelompok kecil. Para peserta berkelompok dan mencoba memetakan bentuk Social Enterprise yang ada di sekitar atau pun yang dikenal oleh peserta dan menuliskannya dalam tabel Impact-map. Setelah dipresentasikan, seluruh peserta diberi kesempatan untuk menuliskan strength & weakness dari setiap tabel.

Hal lain yang juga dijelaskan dalam kegiatan ini adalah tentang perhitungan SROI. Peserta pun cukup aktif untuk bertanya tentang perthitungan tersebut. Tetapi karena waktu yang terbatas, kegiatan workshop tersebut harus diakhiri pada pukul 11.30.

Berikut ppt dan file excel dari kegiatan workshop SROI:

PPT SROI

excel SROI

SROI Theory

DSC_0519

DSC_0516

DSC_0449

DSC_0452

DSC_0457

DSC_0465

DSC_0480

DSC_0490

DSC_0502

DSC_0527