Home / Berita / Workshop Penyamaan Persepsi Reviewer Bersertifikat

Workshop Penyamaan Persepsi Reviewer Bersertifikat

Pada hari Kamis (22/11/2018), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Katolik Parahyangan menyelenggarakan Workshop: “Penyamaan Persepsi Reviewer Bersertifikat”. Acara ini dilaksanakan di AULA, Lantai 1, Gedung Pascasarjana UNPAR, Jalan Merdeka No. 30, dan dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama UNPAR. Kegiatan ini terutama ditujukan bagi para reviewer UNPAR bersertifikat. Selain itu, LPPM UNPAR juga mengundang para reviewer bersertifikat di lingkungan LLDIKTI wilayah IV yang belum mengikuti persamaan persepsi reviewer. Beberapa reviewer yang turut hadir sebagai peserta diantaranya dari Universitas Kristen Maranatha, Universitas Telkom, Universitas Islam Nusantara, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Advent Indonesia, dan Institut Teknologi Nasional.

Workshop ini menghadirkan Bapak Ir. Eniman Yunus Syamsuddin, Ph.D. sebagai narasumber. Bapak Ir. Eniman Yunus Syamsuddin, Ph.D. adalah salah satu Tenaga Pendidik Institut Teknologi Bandung, yang merupakan Reviewer Bersertifikat Nasional.

Bapak Eniman mensosialisasikan Buku Panduan Simlitabmas Edisi XII, memaparkan Kode Etik Reviewer, teknik mereview dan Seleksi Proposal, serta teknik Monev guna persiapan Penilaian Proposal Baru tahun 2018. Salah satu bagian penting yang disampaikan Pak Eniman adalah terkait tahapan dan proses review proposal tahun ini yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, setiap proposal yang masuk harus terlebih dahulu direview persyaratan administrasinya. Setelah proposal tersebut lolos dari review administrasi, barulah proposal tersebut direview dokumen proposalnya. Selain itu, proses review dokumen proposal juga menjadi lebih detail dari tahun-tahun sebelumnya.

Perubahan-perubahan pada proses review yang baru, menimbulkan banyak pertanyaan yang diajukan peserta workshop. Pak Eniman pun mejawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jelas. Akhirnya acara workshop tersebut diakhiri dengan foto bersama.