Beranda / Berita / Workshop GEM di Canada dan Pertemuan Tahunan GEM 2016 di Boston

Workshop GEM di Canada dan Pertemuan Tahunan GEM 2016 di Boston

Kegiatan ini adalah sebagai bagian dari Projek GEM Indonesia, yaitu menghadiri undangan workshop GEM Canada 1-3 Februari 2016, di Toronto. Serta menghadiri pertemuan tahunan GEM 2016, yang berlangsung di Boston, 3-7 Februari 2016.

Tim GEM Indonesia menerima undangan dari THECIS Canada untuk menghadiri pertemuan GEM Canada, yang berisi dua agenda utama, yaitu pertama, soft launching GEM ASEAN REPORT di tanggal 1 Februari 2016. Kedua, GEM CANADA Regional Event, yaitu berupa workshop penguatan kapasitas riset dari tim GEM pada tanggal 2 – 3 Februari 2016. Pada agenda pertama, Roland Xavier dari tim GEM Malaysia mempresentasikan hasil survey GEM di 6 negara ASEAN, yaitu Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapurra, Thailand, dan Vietnam. Roland Xavier menyampaikan bahwa kawasan ASEAN memiliki trend positif dalam pertumbuhan bisnis baru dan kewirausahaannya, sehingga dia menyebutkan kawasan ASEAN sebagai kawasan yang subur untuk inovasi.

GEM 1

Setelah pemaparan selesai, dilanjutkan dengan Canada-ASEAN roundtable discussion. Roundtable discussion diselenggarakan dalam bentuk diskusi panel yang terdiri dari Edgard R. (IDRC), Jordon Dupuis (APFC), Lorna Wright (York University), Corie McDougall (Gov. Ontario), dan Roland X. (GEM Malaysia).

GEM 2Pada agenda kedua, yang berlangsung selama dua hari, terbagi dalam beberapa sesi, yaitu sesi penjelasan aspek teknis dalan analasis data GEM, bagaimana analisis data GEM digabung dengan data lainnya, publikasi artikel ilmiah, roundtable discussion tentang topik riset bersama. Agenda ini diakhiri dengan sesi policy day pada hari terakhir. Pada sesi policy day, hadir beberapa perwakilan dari pemerintahan Canada, dan mempresentasikan peran pemerintahan provinsial dalam membangun entrepreneurial ecosystem.

GEM 3Acara kedua adalah pertemuan tahunan GEM. Acara pertemuan tahun 2016 ini diselenggarakan di BOSTON, tanggal 3-7 Februari 2016. Acara di mulai dengan ekskursi pembelajaran entrepreneurship di Babson College. Namun acara ini tidak dapat di hadiri karena Tim GEM Indonesia masih menghadiri acara policy day di GEM Canada.

Pada hari kedua, 4 Februari 2016, dimulai dengan acara training session. Pada sesi ini tim data GEM menjelaskan mengenai pelaksanaan national expert survey (NES) dan adult population survey (APS). Penjelasan detail tentang kuesioner dan juga permasalah teknis yang dihadapi oleh setiap tim GEM berlangsung dengan baik. Tim data GEM mempresentasikan kembali detail kuesioner yang digunakan baik dalam NES ataupun APS. Serta menyampaikan permasalahan yang muncul dalam pengolahan data global, mulai dari penyampaian RFP sampai dengan penerimaan hasil APS dan NES. Tahap yang kritis adalah pemilihan vendor, pelaksanaan NES, dan pelaporan hasil survey ke tim data GEM global. Setiap tim di harapkan dapat mematuhi semua deadline yang telah ditetapkan. Bila tidak dapat memenuhi deadline, maka negara anggota tersebut akan di lewatkan dalam laporan globalnya.

GEM 4Setelah makan siang, acara dilanjutkan dengan workshop tentang academic writing and publication oleh Maria Minniti. Maria Minniti seorang scholar yang ternama dalam bidang entrepreneurship dan ekonomi. Workshop berlangsung sangat menarik, yang menyajikan beberapa tip dalam mempersiapkan artikel sampai dengan pemilihan jurnal yang relevan.

Pada hari ketiga, 5 Februari 2016, merupakan acara inti yaitu peresmian laporan global GEM 2015. Peresemian laporan ini dengan pemaparan beberapa temuan dari survey GEM oleh Prof. Donna Kelley. Salah satu temuannya adalah secara global umumnya pelaku usaha melihat ‘kesempatan’ sebagai motivasi usahanya disamping ‘kebutuhan’, yaitu 78 % pada negara kelompok ‘innovation driven economy’, dan 68% pada kelompok ‘factor and innovation driven economy’. Selain itu juga disampaikan bahwa ‘gender gap’ pelaku usaha awal pada umumnya terjadi di Malaysia, Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Peru. Pada negara ini umumnya pelaku usaha awal dilakukan oleh kelompok perempuan, dengan jenis usaha ‘retail’.

GEM 5Kemudian dilanjutkan dengan pertemuan Association GEM National Team (AGNT), dengan agenda pemilihan anggota board yang baru. Terdapat empat kandidat, 3 kandidat baru dan 1 kandidat lama yang sudah habis masa keanggotannya (GEM Israel). Terpilih kembali pada pertemuan ini adalah perwakilan GEM Israel. Di hari yang sama, pada sore hari dilanjutkan kembali diskusi dengan topic penelitian GEM di 2016 dan di tahun yang akan datang. Beberapa topik seperti entrepreneurial ecosystem dan entrepreneurship trend, serta social network dalam study entrepreneurship.

Pada hari ke-empat, agenda pertemuannya adalah pertukaran best practice antar negara anggota GEM, yang terbagi kedalam kelompok, data collection, data analysis , marketing GEM dan publikasi ilmiah. Setelah itu pembahasan spesial topik untuk APS 2016, yaitu tentang senior entrepreneurship dan corruption. Pada malam harinya, ditutup dengan acara gala dinner dan performance.