Webinar Membangun Reputasi dan Jejaring Melalui Publikasi

LPPM UNPAR pada kesempatan kali ini mengadakan seminar secara daring  yang diikuti oleh 44 peserrta yang berasal dari Dosen Universitas Katolik Parahyangan dan Universitas swasta Lainnya pada Hari Jumat (11/9/2020). Webinar Membangun reputasi dan Jejaring Melalui Publikasi ini bertajuk Academic Branding Dosen Universitas Parahyangan Melalui Science and Technology Index Sinta diisi oleh Narasumber yaitu Dr. Lukman yang merupakan sekretaris lembaga layanan pendidikan tinggi wilayah VI Jawa Tengah serta pakar publikasi dan jurnal Kemenristek/BRIN. Dr, Lukman selaku narasumber membahas tentang “Sinta atau science technology indexyang merupakan inovasi system informasi iptek untuk mengukur kinerja individu, institusi, dan networkingnya dari para peneliti/dosen dan tenaga fungsional Indonesia.

Dalam sesi awal Dr. Lukman menjelaskan tentang profil Sinta yang berisikan tentang latar belakang Sinta, fitur-fitur yang dimiliki Sinta dan peran Sinta dimasa pandemi Covid-19. Pada sesi pertengahan profil Sinta mulai dijelaskan secara mendetail mulai dari roadmap kemudian statistik user dan dokumen sampai kegiatan tahunan Sinta dan filosofi Sinta Award. Diakhir acara, Dr. Lukman memberikan pemaparan mengenai etika publikasi. Dimulai dengan beberapa ragam penyimpangan karya ilmiah.

Menurut para peserta kegiatan ini menambahkan pengetahuan tentang penulisan artikel ilmiah dan publikasinya. Untuk itu para peserta berharap seminar seperti ini dapat kembali diadakan sebagai informasi pengembangan kualitas dosen terutama dalam karya ilmiah dan publikasi agar setiap dosen bisa melihat kinerja UNPAR dan dirinya sendiri dalam hal penelitian. Selain itu, LPPM juga bisa membuka kegiatan webinar yg lebih teknis agar dapat menghasilkan output penelitian yg berkualitas dan meningkatkan kompetensi dan informasi penelitian dan publikasi bagi dosen.