Beranda / Berita / Studi Banding LPPM UNIKA Soegijapranata ke LPPM UNPAR

Studi Banding LPPM UNIKA Soegijapranata ke LPPM UNPAR

Pada tanggal 21 Agustus 2017, LPPM UNPAR menerima kunjungan studi banding LPPM UNIKA Soegijapranata Semarang. Dalam kunjungan ini, LPPM UNIKA Soegijapranata diwakili oleh Bapak Andreas Lako yang merupakan Kepala LPPM UNIKA Soegijapranata serta 7 orang staf. Untuk dari UNPAR sendiri tidak hanya LPPM yang ikut dalam acara studi banding ini, melainkan ada Bapak Bambang Kristiatmo Subowo (Kabag. P3M) serta Bapak Kristian W. Wicaksono (Prodi Ilmu Administrasi Publik).

Tujuan dari studi banding LPPM UNIKA Soegijapranata adalah  ingin mengenal bagaimana pengelolaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) yang ada di UNPAR. Salah satu hal yang  LPPM UNIKA Seogijapranata ingin terapkan dari LPPM UNPAR adalah mengenai Sistem Informasi LPPM yang mengelola pengajuan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pendanaan pertemuan ilmiah serta pemberian insentif atas karya ilmiah dosen.

Selain mengenal tentang P2M, UNIKA Soegijapranata juga membagikan pengetahuan dan pengalamannya tentang pengelolaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). UNPAR mengenal istilah KKN sebagai program yang baru wajib di Program Studi Ilmu Administrasi Publik. Selain itu ada juga program P3M yang hingga saat ini belum bersifat wajib dan dikelola oleh LPH. LPPM UNIKA Soegijapranata membagikan pengalamannya tentang bagaimana pengelolaan KKN mulai dari sebelum mahasiswa memasuki suatu daerah untuk KKN hingga bagaimana menghadapi adanya penolakan baik dari pihak daerah yang akan dikunjungi maupun dari pihak internal (dosen, karyawan, dan mahasiswa).

Semoga kegiatan ini dapat saling memperkaya dan mempererat hubungan / kerja sama terkait penelitian maupun pengabdian.