Home / Berita / Sosialisasi Penggunaan Akun Turnitin

Sosialisasi Penggunaan Akun Turnitin

LPPM UNPAR kembali mengadakan sosialisasi penggunaan akun Turnitin pada Tanggal 18 Februari 2020. Sama seperti kegiatan sosialisasi sebelumnya, Ibu Ririana dari i-Group menjadi narasumber kegiatan ini. Peserta yang diundang adalah semua pemilik akun Turnitin tahun 2020. Pada tahun ini pemilik akun adalah seluruh dosen yang telah memiliki dan mengaktivasi akunnya di tahun 2019, akun fakultas dengan email jabatan KTU dan WD1, BPMI, LPPK, dan beberapa dosen dengan kinerja publikasi artikel di tahun 2019.

Turnitin sendiri merupakan alat bantu pengecekan kemiripan suatu artikel dengan artikel lainnya yang sudah pernah diterbitkan. Database yang menjadi pembanding di Turnitin adalah Student Paper, Internet Database, dan CrossRef. Selain berfungsi sebagai alat pengecekan kemiripan artikel untuk jabatan fungsional, Turnitin juga dapat digunakan untuk mengecek artikel yang akan dikirimkan ke jurnal atau conference. Dengan demikian penulis artikel dapat mereview kemiripan artikelnya tersebut dan melakukan revisi apabila diperlukan.

Dalam kegiatan sosialisasi yang diadakan LPPM UNPAR tersebut, para peserta dipandu dalam melakukan aktivasi akun, proses mengunggah dokumen, hingga membaca hasil kemiripan artikel dari Turnitin. Persentase kemiripan yang ditampilkan oleh Turnitin tidak mesti menunjukkan apakah suatu artikel tersebut hasil plagiarism atau bukan, tetapi mesti ditelaah kembali kemiripan yang muncul tersebut seperti apa. Dengan demikian perlu ada pemahaman dan analisis sederhana dalam membaca hasil pengecekan Turnitin tersebut.

Fasilitas Turnitin ini merupakah salah satu bentuk dukungan UNPAR terhadap para dosen untuk terus meningkatkan kualitas artikelnya.