Beranda / Berita / Sosialisasi dan Klinik Proposal

Sosialisasi dan Klinik Proposal

donor-5

Sosialisasi dan Klinik Proposal 23 Mei 2017

 

Sebagai keberlanjutan dari kegiatan sosialisasi hibah RISTEKDIKTI yang telah dilaksanakan oleh LPPM UNPAR pada bulan Maret lalu, maka pada hari Selasa, 23 Mei 2017 LPPM mengadakan kegiatan sosialisasi dan klinik proposal hibah RISTEKDIKTI. Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Catharina Badra Nawangpalupi selaku Kepala LPPM. Dalam pembukaannya Ibu Catharina atau akrab dipanggil ibu Katrin menjelaskan secara singkat terkati panduan edisi XI yang menjadi dasar dalam penyusunan proposal hibah RISTEKDIKTI tahun 2017.

Selanjutnya Ibu Johanna Renny H. dari program studi Teknik Industri memberikan sharing pengalamannya saat mengikuti workshop proposal yang diadakan oleh RISTEKDIKTI pada bulan April lalu. Beberapa poin penting yang menjadi pokok bahasannya adalah:

1. Standar Biaya Keluaran (SBK) yang digunakan sebagai dasar pengajuan dana penelitian RISTEKDIKTI tahun 2017.

Cara menghubungkan skema hibah dengan SBK, dan cara menentukan besar dana yang sesuai dengan SBK.

2. Tingkat Kesiapan Teknologi.

Dalam mengakses hibah RISTEKDIKTI, setiap dosen harus melakukan self assessment terkait dengan TKT topik penelitiannya. Untuk saat ini, proses penilaian TKT tersebut masih dilakukan secara offline.

3. Roadmap Penelitian

Pada bagian ini Ibu Johanna menjelaskan terkait bentuk roadmap penelitian yang diminta oleh RISTEKDIKTI serta poin-poin penting yang harus tercantum dalam roadmap tersebut.

Poin-poin lain yang disampaikan reviewer dalam kegiatan workshop penulisan proposal tersebut juga adalah:

  • ¬†kesesuaian antara isi proposal, skema hibah yang dipilih, nilai TKT, dan judul proposal
  • Pentingnya track record ketua peneliti dan anggota tim peneliti
  • Pemenuhan syarat proposal dan kelengkapan administrasi proposal yang sesuai dengan skema hibah

Pada sesi terakhir, diadakan klinik proposal. Pada sesi ini para dosen yang sudah memiliki draft proposal langsung berdiskusi dengan reviewer terkait proposalnya.

Melalui kegiatan ini, LPPM UNPAR berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih kepada para dosen terkait penulisan proposal untuk RISTEKDIKTI, sehingga semakin banyak dosen yang proposalnya disetujui untuk didanai.

Berikut ini adalah file materi kegiatan sosialisasi dan klinik proposal

1. Pengantar Panduan XI RISTEKDIKTI (Catharina Badra N.)

2. Sharing Penulisan Proposal Hibah RISTEKDIKTI (Johanna Renny O. H.)