Home / Berita / Sosialisasi dan Diskusi Perizinan Peneliti Asing

Sosialisasi dan Diskusi Perizinan Peneliti Asing

Pada tanggal 22 Mei 2019, LPPM Universitas Katolik Parahyangan bekerja sama dengan Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti mengadakan kegiatan “Sosialisasi dan Diskusi Perizinan Peneliti Asing”. Kegiatan ini diadakan di Ruang Audio Visual Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Katolik Parahyangan.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa dosen peneliti UNPAR, dosen dari perguruan tinggi di wilayah LLDIKTI IV, serta pengelola taman nasional yang sering menerima peneliti asing yang melakukan penelitian di wilayah taman nasional. Kegiatan dibuka oleh Bapak Mangadar Situmorang, Ph.D. selaku Rektor UNPAR, dan kemudian dilanjutkan dengan paparan yang disampaikan oleh 4 narasumber, yaitu:

  1. Bapak Sri wahyono, Kemenristekdikti
  2. Bapak Dedi Setiana, Kepala Bidang Informasi dan Perizinan Keimigrasian
  3. Bapak Rosichon Ubaidillah, Pusat Penelitian Biologi LIPI
  4. Bapak Nugroho D. Hananto, LIPI

Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan tentang pentingnya perizinan untuk para peneliti asing dan juga perizinan dalam pengiriman material atau sample dari dan ke luar negeri. Perizinan-perizinan tersebut penting untuk melindungi kekayaan alam Indonesia dan kekayaan intelektual para peneliti Indonesia. Kemenristekdikti pun sudah melakukan penyederhanaan dalam proses perizinan, sehingga saat ini proses perizinan dapan dilakukan dalam waktu 5-14 hari setelah diajukan.

Pada sesi tanya jawab, terlihat antusias peserta dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, terlihat bahwa peserta sudah memiliki pengalaman bekerja sama dengan peneliti asing tetapi mengalami kebingungan terkait dengan perizinan-perizinan yang harus dilakukan. Hal ini menunjukkan bahwa sosialisasi perijinan tersebut memang penting untuk disebarluaskan kepada para peneliti/lembaga/balai yang bermitra dengan peneliti asing, supaya tidak terjadi kebingungan-kebingungan yang dapat mengakibatkan kerugian salah satu pihak. 

Materi sosialisasi:

  1. Perizinan Penelitian Asing sebagai Kebijakan Kerjasama Riset Internasional (KLIK DISINI)
  2. Pelayanan dan Pengawasan Keimigrasian (KLIK DISINI)
  3. Peran LIPI sebagai Otoritas Keilmuan (Keanekaragaman Hayati) dan Pelayanan Rekomendasi (KLIK DISINI)
  4. Peran Mitra Kerja Peneliti Asing Dalam Kerjasama Riset Internasional di Bidang Kelautan sebagai Upaya Capacity Building Lembaga Litbang Nasional. (KLIK DISINI)