Beranda / Berita / Rapat Kerja Tindak Lanjut Klaster Utama

Rapat Kerja Tindak Lanjut Klaster Utama

Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Dikti sudah mengumumkan secara resmi bahwa klaster Unpar, dalam pemetaan kinerja penelitian perguruan tinggi, berubah naik dari klaster madya menjadi klaster utama. Sebagai tindak-lanjutnya, rapat kerja dilakukan pada Rabu, 16 Juli 2014 melibatkan Wakil Rektor Bidang Akademik, Ketua LPPM, Asdir I Program Pascasarjana, para Wakil Dekan Bidang Akademik dan para ketua jurusan di lingkungan Unpar serta perwakilan dari Biro Akademik, Biro Keuangan dan Biro Teknologi Informasi. Beberapa hal yang diputuskan dalam rapat tersebut adalah:

1. Unpar akan melakukan evaluasi terhadap Rencana Induk Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dan menyusun kembali menjadi Rencana Strategis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sesuai tuntutan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

2. Unpar akan mengembangkan Sistem Informasi Pengelolaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, untuk keperluan pengelolaan dan pemetaan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Program ini akan dilakukan oleh LPPM bekerja sama dengan Biro Teknologi Informasi.

3. Peningkatan partisipasi dosen dalam kegiatan penelitian akan ditingkatkan dengan mengintegrasikan hibah penelitian skema internal dengan hibah penelitian skema desentralisasi dikti. Selain itu, integrasi kegiatan penelitian dengan program pascasarjana akan lebih diusahakan.

Selain hal-hal tersebut diatas, berbagai persoalan dalam pengelolaan penelitian dan pencatatan output penelitian juga dibahas dan diusulkan penyelesaiannya.