Beranda / Berita / PROJECT OF DREAM 2016 UNPAR BUSINESS COMPETITION

PROJECT OF DREAM 2016 UNPAR BUSINESS COMPETITION

PKombis 2016eluang bisnis untuk mahasiswa sangatlah terbuka luas, salah satunya adalah dengan memulai bisnis sejak mereka duduk di bangku kuliah. Tidak perlu bisnis besar dengan modal jutaan rupiah, tapi dapat dimulai dengan bisnis kecil-kecilan dengan modal semampunya. Hal yang penting adalah kreatifitas dan inovasi dalam melaksanakannya, dan tidak kalah penting juga adalah komitmen. Kreatifitas, inovasi, dan komitmen tersebut perlu juga dukungan dari perencanaan yang matang.  Untuk dapat terjun dalam dunia bisnis, setiap individu pun harus dapat bekerjasama dalam tim. Dengan adanya kerja tim yang baik, maka akan berpengaruh pada peningkatan kinerja,sehingga tujuan bersama dapat tercapai.

Para mahasiswa selama duduk dibangku kuliah sudah dibekali dengan ilmu dan teoKombis 2016 2ri yang diharapkan dapat berguna untuk kehidupannya dikemudian hari. Akan menjadi lebih baik bila ilmu tersebut dapat dipraktekkan langsung dalam dunia bisnis yang sesungguhnya. Maka dari itu, akan menjadi suatu pembelajaran yang sangat baik bagi mahasiswa bila ada suatu  wadah yang dapat memberikan kesempatan bagi mahasiwa untuk dapat bekerja dalam tim untuk menjalankan dan terjun langsung dalam suatu projek bisnis yang sesungguhnya.

Kombis 2016 3Acara kompetisi bisnis ini bertujuan untuk memberi kesempatan bagi para mahasiswa untuk dapat menerapkan konsep bisnis yang mereka miliki berbekal dari segala materi dan pembelajaran yang telah mereka terima selama duduk di bangku kuliah.  Dalam rangkaian acara kompetisi bisnis ini kami akan memberikan mentoring kepada para peserta yang berkaitan dengan konsep bisnis, dan studi kasus kepada mahasiswa, agar mereka dapat merumuskan strategi bisnis yang baik, dan menjalankannya dalam sebuah projek bisnis yang nyata.

Kompetisi ini pun dapat menstimulasi semangat bersaing mahasiswa, juga dapat mengembangkan ide kreatif dan inovatif dari para peserta, dan juga melatih mahasiswa untuk dapat bekerja dalam tim. Pemenang dalam kompetisi bisnis ini akan menjalankan sebuah projek yang diberikan oleh rekanan dan dilibatkan dalam inkubator bisnis UNPAR, sehingga mereka dapat diberikan pendampingan, pelatihan untuk meningkatkan kemampuan berbisnis mereka.

kombis 2016 4Project Of Dream 2016- UNPAR Business Competition telah berhasil dilaksanakan dengan lancar. Total peserta yang mendaftar sebanyak 127 orang, dan diseleksi menjadi 25 orang. Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi mentoring dan sesi presentasi (Final).

Pada sesi mentoring dilaksanakan selama 3 hari, yaitu tanggal 14,15, dan 16 April 2016. Sesi mentoring hari pertama diselenggarakan di gedung ADVIS FISIP dimulai dari oukul 80.00 dan berakhir pada pukul 13.00. pada hari itu acara dibuka dengan kata sambutan dari ketua COE UNPAR ibu Maria Widyarini, dan mahasiswa diberikan mentoring oleh pihak incubator UNPAR yaitu ibu Fiona Ekaristi dan bapak Dianta Hasri Natalis Barus. Acara diakhiri dengan sesi psikotest yang dibawakan oleh  bapak Daniel Karim.

Pada hari kedkombis 2016 6ua sesi mentoring yangdiselenggarakan di ruang 3501 Gedung FISIP pada hari Jumat tanggal 15 April 2016. Pada mentoring kali ini para peserta akan diberikan gambaran mengenai kegiaatan kewirausahaan oleh para praktisi. Pembicara pertama adalah ibu Nilamsari sebagai owner da n marketing director Babarafi dan Bapak Tjuk Nurputro Guritno sebagai owner dan creative director Wellborn Company. Setelah sesi sharing dengan para praktisi, maka 25 peserta dibagi menjadi 5 kelompok, pengelompokan tersebut dilakukan berdasarkan hasil psikotest yang dilakukan pada hari sebelumnya, dan juga dinilai dengan grafologi. Setelah peserta terbagi menjadi kelompok, maka para peserta diminta untuk memecahkan studi kasus yang diberikan oleh mentor.

Pada hari ketiga sesi mentoring pada hari Sabtu tanggal 16 April 2016, peserta berkumpul di Celebrate Café, yaitu café milik pemberi project, dan pada sesi tersebut adalah kali pertama para peserta bertemu denga ibu Aprilia Melisa Tarigan sebagai owner papyrus photo yang juga adalah pemberi project pada kegiatan ini. Di sesi ini Ibu April menjelaskan project apa yang akan dilakukan oleh pemenang Project of Dream 2016. Dan pada akhir hari para peserta diberikan tugas akhir yaitu membuat business plan bed and breakfast.

Hari final diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 23 April 2016 di ADVIS FISIP. Pada hari final ini selain akan dilakukan presentasi dari finalis, juga ada dua pembicara yang kami undang, yaitu bapak Geoffrey Ler Dermawan dari Blibli yang membawakan materi mengenai Strat-Up Challenges dan bapak Mukhlisin dari BJB yang  membawakan materi Rahasia Analisa Kredit Menuju Akses Pembiayaan Perbankan.

Kombis 2016 5DSC_0330 DSCN6035DSCN0428