Penghargaan Dosen Berprestasi UNPAR dalam Kinerja Penelitian Tahun 2020

Pada Orasio Dies Natalis ke-66, yang jatuh pada Senin (18/1) lalu, UNPAR memberikan penghargaan bagi para dosen berprestasi berdasarkan kinerja penelitian Tahun 2020. Berikut adalah lima dosen berprestasi UNPAR yang terpilih sebagai peneliti terbaik :

  • Haryanto Mangaratua Siahaan, S.Si., M.Si., Ph.D

Salah satu Dosen Fisika Fakultas Teknologi Informasi dan Sains (FTIS) UNPAR ini, memiliki area penelitian terkait dengan solusi lubang hitam sebagai bagian dalam bidang fisika teoretis. Hasil penelitiannya telah diakui di kalangan akademik  nasional maupun internasional. Pada Tahun 2020 beliau telah memuat empat paper sebagai penulis tunggal di European Physical Journal C dan Physical Review D, dimana keduanya merupakan jurnal internasional terindeks Scopus Q1.

Saat ini Pak Haryanto memiliki 17 Dokumen di Scopus, dengan total 148 sitasi, dan H-index Scopus 7, memiliki peringkat SINTA ke -10 di Universitas Katolik Parahyangan.

  • Dr. Maria Widyarini, S.E., M.T.

Sebagai salah satu anggota Pusat Studi CoE SMEd  UNPAR dan tergabung sebagai salah satu tim GEM (Global Entrepreneurship Monitor), Ibu Maria Widyarini aktif dalam berbagai kegiatan penelitian dengan dana eksternal dengan capaian yang bervariasi. Dosen yang berasal dari Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini memiliki prestasi penelitian tahun 2020 yang terdiri dari lima sertifikat hak cipta, penulisan artikel di jurnal, baik nasional maupun internasional dan keterlibatan dalam 7 penelitian dan pengabdian dengan dana RISTEK-BRIN dan eksternal lainnya.

Selain itu ada beberapa hak cipta yang dihasilkan diantaranya pembuatan website Kampung adat Cirendeu di Cimahi yaitu https://visitcireundeucimahi.com/ dan Proses Pembelajaran dengan Animasi & Games Sederhana.

  • Prof. Dr. Purnama Salura, Ir., M.T., MBA

Prof Purnama Salura merupakan satu dari Guru Besar di UNPAR yang baru saja mendapatkan Guru Besar di bidang Arsitektur. Beliau memiliki berbagai artikel baik di jurnal nasional maupun jurnal internasional di bidang sejarah, teori dan falsafah arsitektur. Karya penelitiannya telah membuahkan berbagai pemikiran baru dan menarik mengenai berbagai karya arsitektur tradisional di Indonesia. Kajian mengenai vernakular Sunda di Politeknik Bandung maupun ITB telah membuahkan dua publikasi internasional di tahun 2020. Hal ini diimbangi juga dengan produktivitasnya pada berbagai jurnal nasional (8 artikel pada jurnal nasional) untuk kajian mengenai bangunan tradisional di Jakarta, Semarang, Cirebon, Bali dan banyak area lain.

Prof Purnama Salura juga merupakan peneliti dengan nilai (skor) SINTA tertinggi di Unpar, berdasarkan kriteria publikasi dan sitasi dalam tiga tahun terakhir. Karyanya meliputi 13 dokumen yang terindeks Scopus dan 113 dokumen yang terindeks oleh Google Scholar.

  • Catharina Badra Nawangpalupi, Ph.D.

Ibu Catharina B. Nawangpalupi aktif dalam melakukan penelitian di bidang kewirausahaan dan inovasi. Selain itu, Ibu Catharina B Nawangpalupi juga terlibat aktif dalam kepengurusan GEM (Global Entrepreneurship Monitor) dan International Council for Small Business (ICSB). Saat ini Ibu Catharina B Nawangpalupi menjabat sebagai Vice President Program dalam kepengurusan ICSB.

Pada tahun 2020 ini, sebagai Dosen di Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri UNPAR, beliau aktif dalam penulisan artikel jurnal maupun bab dalam buku. Ibu Catharina juga aktif dalam berbagai macam penelitian dengan pendanaan pihak eksternal, seperti pemerintah (Bappenas dan Kementerian Koordinator Perekonomian) dan lembaga internasional seperti Australia Awards Indonesia, International Labour Office (ILO) maupun British Council.

  • Tri Basuki Joewono, Ph.D.

Sebagai salah satu dosen Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik UNPAR, Bapak Tri Basuki Joewono aktif dalam melakukan penelitian dalam bidang transportasi dan pernah mendapatkan hibah RISTEK-BRIN dengan skema invitasi atau disebut World Class Research.

Di tahun 2020, beragam luaran penelitian dihasilkan oleh beliau seperti Bab dalam buku internasional, Buku, Artikel pada jurnal internasional terindeks Scopus Q1 dan Q2, serta beberapa artikel pada jurnal internasional maupun nasional. Saat ini Bapak Tri Basuki Joewono memiliki 20 Artikel terindeks di Scopus, dengan jumlah sitasi 219, dan H-index 7.

Pemberian apresiasi melalui penghargaan dosen berprestasi ini diharapkan  dapat menjadi motivasi bagi para Dosen UNPAR untuk terus berkarya mengembangkan ilmunya melalui kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.