Beranda / Berita / Pengelolaan Jurnal Online

Pengelolaan Jurnal Online

Rapat pengelolaan jurnal online yang membahas penggunaan Open Journal System (OJS) yang baru, dan berbagai persoalan pengelolaan jurnal di Unpar sudah dilaksanakan pada Selasa, 8 Juli 2014 di Operation Room. Rapat tersebut dihadiri oleh WR Bidang Akademik dan semua pengelola jurnal di lingkungan Unpar. Berdasarkan pembahasan rapat, kesimpulan dan sejumlah rekomendasi yang dihasilkan adalah:

Pembagian kewenangan dalam pengelolaan OJS yaitu:

LPPM akan bertangung-jawab sebagai Administrasi. Setiap pengelola jurnal akan menjadi manajer jurnal, yang bisa mendelegasikan kewenangannya dengan mengcreate beberapa editor jurnal. Setiap pengelola jurnal bisa membuat kebijakan untuk tingkat akses para pembacanya terhadap jurnalnya apakah hanya abstrak atau full text article-nya. Kebijakan langganan jurnal juga bisa ditetapkan oleh pengelola jurnal. Sementara itu, pemeliharaan seperti update versi OJS menjadi tanggung jawab BTI.

Semua jurnal di lingkungan Unpar harus dikelola secara online melalui OJS. Oleh karena itu maka:

–  Setiap pengelola jurnal akan memproses e-ISSN untuk jurnal versi online-nya, yang akan melengkapi ISSN versi cetak yang sudah dipunyainya.

–  Setiap pengelola jurnal akan mengusahakan manajemen pengelolan jurnal, seperti proses pemasukan, review dan penerimaan makalah ilmiah, dilakukan secara online juga.

–   Pengelolaan jurnal secara online dan mempunyai e-issn akan menjadi prasyarat untuk pengajuan akreditasi jurnal nasional. Jurnal Unpar harus diarahkan untuk mendapatkan akreditasi jurnal nasional, yang akan dilakukan secara online juga.

–   LPPM akan mengatur supaya jurnal online dapat diindex oleh Scholar Google dan Directory Open Access Journal (DOAJ)

–   Pengelola jurnal bersama dengan LPPM akan menjajagi kemungkinan jurnal online Unpar diindex oleh Scopus.

Berkenaan dengan Laporan Penelitian yang juga sudah dionlinekan melalui OJS, katalok perpustakaan dalam sistem Senayan tetap akan dilakukan tetapi Laporan Penelitian cukup diberi link untuk mengakses laporannya pada OJS.