Beranda / Berita / Pelatihan Nuffic – Business Coaching Session II

Pelatihan Nuffic – Business Coaching Session II

Pada 2 – 6 Februari 2015, bertempat di Gedung Pascasarjana, Centre of Excellence in Small Medium Enterprises Development (CoE SME), LPPM UNPAR bekerja sama dengan Maastricht School of Management, Belanda kembali menyelenggarakan Session II dari rangkaian kegiatan Business Coaching for Sustainable and Responsible SME Business Development in Indonesia dengan jumlah peserta 18 dosen, yang menjadi anggota CoE SME, berasal dari berbagai program studi di lingkungan Unpar.

Kegiatan business coaching ini didanai Nuffic dan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga ahli mengenai Usaha Kecil Menengah (UKM) dari CoE SME UNPAR. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk mendukung misi CoE SME menjadi organisasi yang mendukung pengembangan Usaha Kecil dan Menengah sehingga mempunyai kinerja baik dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tim UNPAR dikepalai oleh Sandra Sunanto, Ph.D sedangkan tim MSM dikepalai oleh Dr. Rita van Deuren.

Pada Session II ini, Dr. Vin Morar yang juga merupakan pelatih dari Session I kembali menjadi pelatih. Kegiatan diawali dengan diskusi mengenai kegiatan business coaching yang telah dilakukan oleh masing-masing peserta pelatihan dari UNPAR. Masing-masing peserta telah melakukan business coaching pada 3 pelaku bisnis / perusahaan yang berbeda selama rentang waktu antara Session I dan II. Setelah mendapatkan umpan balik dan framework yang dapat digunakan untuk berbagai situasi, dengan diawasi langsung oleh Dr. Vin Morar, para peserta melakukan live business coaching dengan 4 pelaku bisnis yang bersedia hadir ke kampus UNPAR dan kunjungan langsung ke 2 pelaku bisnis yang menjadi binaan dari rekanan UNPAR, yaitu Bank BNP.

Berbagai diskusi kasus yang dilakukan telah memperkaya studi kasus mengenai UKM yang dimiliki oleh CoE SME UNPAR. Dalam kunjungan kali ini, Dr. Vin Morar dan Dr. Rita van Deuren juga terus memberikan masukan demi perkembangan CoE SME UNPAR. Kegiatan ini ditindaklanjuti juga dengan kunjungan Meinhard Gans selaku Director International Capacity Development and Consultancy dari Maastricht School Management dengan Agus Gunawan, Ph.D selaku ketua CoE SME UNPAR dan Sandra Sunanto selaku kepala project ini.

DSC_0828DSC_0810DSC_0769DSC_0765DSC_0651Business Coaching