Beranda / Berita / Pelatihan Nuffic – Business Coaching Session I

Pelatihan Nuffic – Business Coaching Session I

Centre of Excellence in Small Medium Enterprises Development (CoE SME), LPPM Unpar bekerja sama dengan Maastricht School of Management, Belanda menyelenggarakan Business Coaching for Sustainable and Responsible SME Business Development in Indonesia. Kegiatan business coaching ini akan berlangsung selama dua semester, diawali dengan sesi pertama telah dilaksanakan pada 6 – 10 Oktober 2014 di Gedung Pascasarjana Unpar dan diteruskan dengan penugasan coaching terhadap Usaha Kecil dan Menengah selama periode November 2014 – Januari 2015. Sesi kedua dan sesi ketiga berturut-turut akan dilaksanakan pada 26 – 30 Januari 2015 dan 13 – 17 April 2015. Pada akhir kegiatan, para peserta direncanakan akan mempresentasikan hasil business coaching pada suatu seminar dengan mengundang perguruan tinggi sekitar Unpar. Kegiatan business coaching ini didanai Nuffic, the Dutch funding organization, hasil dari kolaborasi kedua organisasi yaitu CoE SME dengan contact person Dr. Sandra Sunanto dan MSM dengan contact person Dr. Rita van Deuren. Untuk sesi pertama dan kedua, pelatihan difasilitasi oleh Prof. Vin Morar dari University of Twente, Belanda. Sementara sesi ketiga akan difasilitasi oleh Dr. Rita van Deuren. Jumlah peserta sebanyak 18 dosen, yang menjadi anggota CoE SME, berasal dari berbagai program studi di lingkungan Unpar.

Pada business coaching sesi pertama, materi pelatihan meliputi (1) General introduction to entrepreneurship, (2) Understanding & working with SMEs, (3) Effective coaching to SMEs, (4) Business development thresholds & corresponding coaching needs, (5) Problem solving tools, methods & guides for effective small business coaching, dan (6) Business coaching competency standards & personal development action planning. Metode pelatihan dilakukan dengan cara penjelasan dan pemahaman teori, diskusi dan tanya jawab, serta praktek untuk menunjukkan keefektifan pelaksanaan business coaching.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk mendukung misi CoE SME menjadi organisasi yang mendukung pengembangan Usaha Kecil dan Menengah sehingga mempunyai kinerja baik dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Para peserta business coaching diharapkan mempunyai pengetahuan dalam melakukan coaching termasuk konsep, ketrampilan, metode dan perangkatnya dalam mendampingi Usaha Kecil dan Menengah. Peserta diharapkan juga mempunyai kemampuan menjadi fasilitator untuk pelatihan business coaching bagi dosen/peserta baik dari Unpar maupun perguruan tinggi lain.

 

Business CoachingP1030570 P1030540 P1030541 P1030545 P1030546
Kegiatan Pelatihan Nuffic Business Coaching Session I