Home / Program Pendidikan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M)

Program Pendidikan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M)

Program Pendidikan Pengabdian kepada Masyarakat(P3M) adalah suatu kegiatan kurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa, dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. P3M merupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu dan teknologi, dilaksanakan di luar kampus dalam waktu, mekanisme kerja, dan persyaratan tertentu. Oleh karena itu, P3M diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik-teoritik dan dunia empirik-praktis. Dengan demikian akan terjadi interaksi sinergis, saling menerima dan memberi, saling asah, asih, dan asuh antara mahasiswa dan masyarakat.

P3M menjadi pengembangan kegiatan kuliah kerja nyata dalam pendidikan tinggi. Kegiatan kuliah kerja nyata diselenggarakan berdasarkan UUD 1945 dan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang RI No 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Pendidikan pada dasarnya merupakan proses pendewasaan dan pemandirian manusia secara sistematis, agar siap menjalani kehidupan secara bertanggung jawab. Menjalani kehidupan secara bertanggungjawab berarti berani mengambil keputusan yang bijaksana sekaligus berani menanggung segala konsekuensi yang ditimbulkannya.

P3M didirikan pada Tahun 2015 di bawah Lembaga Pengembangan Humaniora (LPH) dengan Ketua Pertama yaitu Bapak Dr. Stephanus Djunatan (tahun 2015-2016) yang beranggotakan tim gabungan dari Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) dan LPH. Kemudian pada Periode Tahun 2016-2019, P3M dipimpin oleh Bapak F. X. Bambang K. Subowo, S.S. dengan dibantu oleh 2 orang staf yang secara fokus melayani kegiatan P3M. Selama Tahun 2015-2019, P3M telah terselenggara di beberapa desa dalam wilayah Jawa Barat, seperti Kota dan Kabupaten Garut, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung dan juga melaksanakan kerja sama antar universitas, seperti Universitas Katolik Soegijapranata (Semarang) dan Universitas Sanata Dharma (Yogyakarta).

Pada Tahun 2020 dalam SOTK yang baru, P3M dilebur ke dalam Divisi Pengembangan Pengabdian kepada Masyarakat di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Dengan struktur yang baru ini, diharapkan P3M dapat terus berkarya dan berkembang agar sesanti UNPAR semakin hidup dan menggema di tengah masyarakat.