Beranda / LPPM Home / Visi dan Misi

Visi dan Misi

Berdasarkan Statuta Unpar 2005, Visi Universitas Katolik Parahyangan adalah menjadi komunitas akademik yang berdasarkan iman beriktiar mencari dan menyebarluaskan kebenaran melalui penelitian dan pembelajaran dalam rangka meningkatkan martabat manusia melaui pengembangan keunggulan lokal untuk dapat berkiprah pada tataran internasional.

Universitas Katolik Parahyangan mempunyai visi untuk mengembangkan potensi lokal menjadi unggulan pada tataran internasional demi peningkatan martabat manusia dan keutuhan alam ciptaan. Untuk mencapai visi tersebut, Universitas Katolik Parahyangan diarahkan untuk menjadi research-based university dalam proses pembelajaran, pengembangan pengetahuan, dan pengabdian kepada masyarakat, yang diakui baik secara nasional maupun internasional. Hal ini berarti bahwa kegiatan dan hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat akan menjadi dasar untuk meningkatkan mutu dalam materi dan proses pembelajaran.

Melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Universitas Katolik Parahyangan berkomitmen untuk mengembangkan potensi lokal, yaitu kekuatan, keunggulan, keunikan asli (indigenous) yang terkandung di bumi Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat. Berdasarkan ilmu, teknologi dan seni yang dikelola oleh Universitas Katolik Parahyangan, potensi lokal tersebut harus dikembangkan secara kreatif dan kritis sehingga mampu untuk disejajarkan dan dikompetisikan pada tataran internasional. Kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat diarahkan juga untuk memberikan solusi terhadap masalah-masalah yang secara nyata dihadapi oleh masyarakat dan bangsa Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Barat.

Visi Unpar tersebut menekankan pentingnya peranan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang menjadi sarana  dalam pemenuhan visi Unpar. Secara lebih khusus, Misi Universitas Katolik Parahyangan juga menegaskan ulang peranan penelitian bersama dengan peranan pengabdian kepada masyarakat, yaitu:

  1. pengembangan dan pewarisan nilai-nilai budaya secara kritikal-kreatif;
  2. proses pembelajaran pada tahapan tertinggi;
  3. penelitian dan pengkajian ilmiah serta sistematisasi dan konservasi,
  4. serta sosialisasi produk-produk kegiatan ilmiah; dan
  5. pengabdian kepada masyarakat.

 

 PROGRAM STRATEGIS

Berdasarkan visi dan misi Universitas Katolik Parahyangan diatas, Rencana Strategis Universitas Katolik Parahyangan Tahun 2012-2015 menetapkan 4 (empat) Sasaran Strategis, dengan salah satu sasaran strategisnya adalah Terlaksananya penyelenggaraan Tridharma perguruan tinggi yang semakin berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang unggul, publikasi dan karya ilmiah yang bermutu tinggi, dan keterlibatan dalam pembangunan bangsa dan menjaga keutuhan alam ciptaan. Sasaran Strategis tersebut dijabarkan dalam berbagai Program Strategis:

  1. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi karya ilmiah dosen melalui berbagai dukungan dan pelatihan untuk memperoleh hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Mengembangkan, memelihara dan menghargai unit-unit penelitian untuk menghasilkan karya penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi karya ilmiah yang unggul melalui penataan sistem penghargaan (insentif) untuk karya penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi karya ilmiah.
  3. Mengembangkan, memelihara dan menghargai upaya-upaya untuk menjalin kerjasama di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Mengembangkan materi dan proses pembelajaran berdasarkan hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Mendorong dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang melibatkan berbagai disiplin ilmu untuk mengangkat potensi lokal bagi penyelesaian berbagai masalah nyata di masyarakat.