Beranda / LPPM Home / Bidang dan Program Kegiatan

Bidang dan Program Kegiatan

Bidang Unggulan

Visi dan misi Universitas Katolik Parahyangan seperti dicantumkan pada Statuta UNPAR 2016 dan Rencana Strategis UNPAR 2015-2019, memuat sejumlah kata kunci:

  1. komitmen pada keluhuran martabat manusia dan keutuhan alam ciptaan;
  2. dedikasi untuk mencari, menemukan, dan menyebarluaskan kebenaran dalam setiap bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni;
  3. integrasi setiap bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dengan dimensi moral, spiritual, dan religius untuk meningkatkan martabat manusia dan keutuhan alam ciptaan;
  4. keterlibatan dalam perjalanan budaya melalui dialog dengan setiap kebudayaan untuk melindungi martabat manusia, mengembangkan warisan budaya, dan menjaga keutuhan alam ciptaan; dan
  5. pengabdian dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni demi pengembangan masyarakat yang adil, damai, dan sejahtera dengan keberpihakan kepada yang tersisih.

Berdasarkan pemahaman visi dan misi tersebut diatas, maka kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh Universitas Katolik Parahyangan difokuskan pada Sepuluh Bidang Unggulan Penelitian dan Sembilan Isu Prioritas Pengabdian kepada Masyarakat:

a. Sepuluh Bidang Unggulan Penelitian

  1. Pengentasan kemiskinan (poverty alleviation)
  2. Perubahan cuaca dan keberagaman hayati (climate change and biodiversity)
  3. Energi baru dan terbarukan (new and renewable energy)
  4. Ketahanan dan keamanan pangan (food safety and security)
  5. Integrasi nasional dan harmoni sosial (national integration and social harmony)
  6. Otonomi daerah dan desentralisasi (autonomy and decentralization)
  7. Seni dan budaya/industri kreatif (arts & culture/creative industry)
  8. Infrastruktur, transportasi, dan teknologi (infrastructure, transportation & technology)
  9. Teknologi informasi dan komunikasi (information & communication technology)
  10. Pembangunan manusia dan daya saing bangsa (human development & competitiveness).

 b. Sembilan Isu Prioritas Pengabdian kepada Masyarakat

  1. Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM)
  2. Pendidikan inklusif
  3. Pengembangan kota dan daerah pemukiman
  4. Keadilan, perdamaian dan demokratisasi
  5. Kemitraan antar negara (South-South dan South-North)
  6. Kesetaraan gender dan perlindungan anak
  7. Pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan
  8. Infrastruktur untuk sanitasi dan air bersih
  9. Infrastruktur, inovasi dan penguatan industri.

Program Kegiatan

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat bertugas menjabarkan Program Strategis untuk melaksanakan Rencana Strategis Universitas Katolik Parahyangan Tahun 2015 – 2019. Di bidang peningkatan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Program Strategis diatas dijabarkan dalam berbagai Program Kegiatan:

a. Penelitian

  1. Pelatihan dosen sebagai peneliti untuk meningkatkan kemampuan menulis proposal penelitian yang berkualitas.
  2. Pelatihan dosen untuk menulis artikel ilmiah yang memenuhi kualifikasi untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah.
  3. Peningkatan kerjasama penelitian, dengan lembaga pemerintah khususnya Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kemenristekdikti dan lembaga lain, seperti Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik maupun lembaga pemerintah dan swasta lain.
  4. Peningkatan perolehan dana penelitian dari pihak eksternal melalui kegiatan sosialisasi dan memberikan motivasi dan dukungan fasilitas kepada para peneliti..

b.  Pengabdian kepada Masyarakat

  1. Pelatihan dosen sebagai peneliti untuk meningkatkan kemampuan menulis proposal pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas.
  2. Peningkatan kerjasama pengabdian kepada masyarakat, dengan lembaga pemerintah khususnya Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemenristekdikti dan lembaga lain, seperti Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik maupun lembaga pemerintah dan swasta lain.
  3. Peningkatan perolehan dana pengabdian kepada masyarakat dari pihak eksternal melalui kegiatan sosialisasi dan memberikan motivasi dan dukungan fasilitas kepada para peneliti.

Di bidang peningkatan pelayanan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Program Strategis diatas dijabarkan dalam berbagai Program Kegiatan:

a. Penelitian

  1. Sosialisasi dan pemberian fasilitas pelayanan yang mendukung program hibah penelitian, khususnya yang ditawarkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Dikti.
  2. Pembangunan sistem informasi penelitian untuk pengelolaan dan administrasi kegiatan penelitian berbasis website, sekaligus kerja sama dengan perpustakaan dalam pengembangan repository.
  3. Pengintegrasian kegiatan penelitian sebagai kegiatan dosen dengan memasukkannya sebagai Rencana Kegiatan Semesteran.
  4. Peningkatan manajemen pengelolaan kegiatan penelitian, baik untuk penelitian dengan skema internal maupun pendanaan pihak eksternal.
  5. Penetapan peraturan pengelolaan kegiatan penelitian, yang didasarkan pada evaluasi terhadap peraturan pengelolaan kegiatan penelitian yang sudah ada.
  6. Penetapan peraturan insentif terhadap karya ilmiah dosen, yang didasarkan pada evaluasi terhadap peraturan insentif yang sudah ada.
  7. Peningkatan kegiatan yang mendukung perolehan Kekayaan Intelektual serta pencatatan Hak Kekayaan Intelektual dosen peneliti Universitas Katolik Parahyangan.
  8. Pengembangan kapasitas dan pengelolaan jurnal ilmiah untuk proses akreditasi dan pengindeksan internasional dengan bekerja sama dengan pengelola jurnal di berbagai program studi dan pusat studi.
  9. Penataan dan pengembangan organisasi untuk pengelolaan penelitian dengan mendirikan berbagai Pusat yang bersifat multidisiplin di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

b. Pengabdian kepada Masyarakat

  1. Sosialisasi dan pemberian fasilitas pelayanan yang mendukung program hibah pengabdian kepada masyarakat, khususnya yang ditawarkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Dikti.
  2. Pembangunan sistem informasi pengabdian kepada masyarakat untuk pengelolaan dan administrasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis website, sekaligus kerja sama dengan perpustakaan dalam pengembangan repository.
  3. Pengintegrasian kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai kegiatan dosen dengan memasukkannya sebagai Rencana Kegiatan Semesteran.
  4. Peningkatan manajemen pengelolaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, baik untuk pengabdian dengan skema internal maupun pendanaan pihak eksternal.
  5. Penetapan peraturan pengelolaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yang didasarkan pada evaluasi terhadap peraturan pengelolaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang sudah ada.
  6. Peningkatan kegiatan yang mendukung perolehan Kekayaan Intelektual serta pencatatan Hak Kekayaan Intelektual dosen peneliti Universitas Katolik Parahyangan.
  7. Penataan dan pengembangan organisasi untuk pengelolaan pengabdian kepada masyarakat dengan mendirikan berbagai Pusat yang bersifat multidisiplin di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.