Beranda / LPPM Home / Bidang dan Program Kegiatan

Bidang dan Program Kegiatan

Bidang Unggulan

Visi dan misi Universitas Katolik Parahyangan seperti dicantumkan pada Statuta dan Rencana Strategis Universitas Katolik Parahyangan 2012-2015, memuat sejumlah kata kunci:

  1. Menekankan preferential option for the poor
  2. Mengangkat potensi lokal
  3. Pemenuhan martabat manusia dan keutuhan alam ciptaan
  4. Memprioritaskan penelitian dan pengabdian multidisiplin
  5. Berorientasi pada dampak / outcome

Berdasarkan pemahaman visi dan misi tersebut diatas, maka kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh Universitas Katolik Parahyangan difokuskan pada Bidang Unggulan:

  1. Pengentasan kemiskinan
  2. Energi baru dan terbarukan
  3. Ketahanan dan keamanan pangan
  4. Otonomi daerah dan desentralisasi
  5. Infrastruktur, transportasi dan teknologi pertahanan
  6. Teknologi informasi dan komunikasi

 

Program Kegiatan

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat bertugas menjabarkan Program Strategis untuk melaksanakan Rencana Strategis Universitas Katolik Parahyangan Tahun 2012 – 2015. Di bidang peningkatan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Program Strategis diatas dijabarkan dalam berbagai Program Kegiatan:

  1. Pelatihan dosen sebagai peneliti/pengabdi untuk meningkatkan kemampuan menulis proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas.
  2. Pelatihan dosen untuk menulis artikel ilmiah yang memenuhi kualifikasi untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah.
  3. Peningkatan kerjasama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dengan lembaga pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan lembaga swasta khususnya di lingkungan Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik.
  4. Peningkatan perolehan dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari pihak eksternal melalui kegiatan sosialisasi dan memberikan dukungan dan fasilitas kepada para peneliti/pengabdi.

Di bidang peningkatan pelayanan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Program Strategis diatas dijabarkan dalam berbagai Program Kegiatan:

  1. Sosialisasi dan pemberian fasilitas pelayanan yang mendukung program hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, khususnya yang ditawarkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Dikti.
  2. Pembangunan sistem informasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pengelolaan dan administrasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis website.
  3. Pengintegrasian kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai kegiatan dosen dengan memasukkannya sebagai Rencana Kegiatan Semesteran atau tahunan.
  4. Peningkatan manajemen pengelolaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, baik untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan skema internal maupun pendanaan pihak eksternal.
  5. Penetapan peraturan pengelolaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yang didasarkan pada evaluasi terhadap peraturan pengelolaan kegiatan penelitian yang sudah ada.
  6. Penetapan peraturan insentif terhadap karya ilmiah dosen, yang didasarkan pada evaluasi terhadap peraturan insentif yang sudah ada.
  7. Penataan dan pengembangan organisasi untuk pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan mendirikan berbagai Pusat yang bersifat multidisiplin di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.