Klinik Proposal RISTEK-BRIN

Sehubungan dengan pemasukan proposal hibah penelitian RISTEK-BRIN pada hari Rabu, 21 Oktober 2020 secara daring melalui media google meet, LPPM mengadakan klinik proposal hibah RISTEK-BRIN. Kegiatan ini dihadiri oleh para peserta yaitu Ketua Peneliti dan anggota tim Peneliti yang berasal dari Dosen-dosen fakultas yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains dan Fakultas Teknik.  Kegiatan ini difasilitasi oleh para Reviewer PT bersertifikat. Klinik ini bertujuan untuk meningkatkan proposal penelitian yang akan diajukan dan meyakinkan proposal memenuhi persyaratan substantif yang ditentukan RISTEK-BRIN berdasarkan panduan edisi XIII. Klinik dilakukan dengan diskusi dan pemberian masukan kepada tim proposal. Beberapa poin penting yang menjadi pokok bahasannya adalah:

  1. Syarat Pengusulan yang mencakup Keterangan NIDN/NIDK, Pendidikan/Jafung dan skema penelitian.
  2. Penambahan kuota pengusulan(Jika ketua mengusulkan lebih dari 1 proposal sebagai ketua; di luar skema pascasarjana).
  3. Kesesuaian topik penelitian skema desentralisasi dengan bidang unggulan PT atau kesesuaian topik penelitian skema kompetitif dengan bidang fokus prioritas riset nasional.
  4. Kesesuaian TKT (Tingkat Kesiapan Teknologi) yaitu dengan kesesuaian antara judul, tujuan penelitian dengan TKT.
  5. Kesesuaian Road Map, menggambarkan perkembangan penelitian/temuan/keterujian sekurang-kurangnya terdiri dari Riset & luaran yang telah dilakukan, Riset & luaran yang sedang diajukan dan Riset & luaran yang akan dilakukan di tahun-tahun mendatang.
  6. Kesesuaian target luaran dengan anggaran.
  7. Metode Penelitian, menggambarkan aktivitas, tanggung jawab, kebutuhan dalam melakukan kegiatan penelitian.
  8. Penyusunan anggaran sesuai dengan SBM dan SBK yang berlaku.
  9. Content/Pembahasan.

Pada sesi terakhir, diadakan klinik proposal. Pada sesi ini para dosen yang sudah memiliki draft proposal langsung berdiskusi dengan reviewer terkait proposalnya. Melalui kegiatan ini, LPPM UNPAR berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih kepada para dosen terkait penulisan proposal RISTEK-BRIN, sehingga semakin banyak dosen yang proposalnya disetujui untuk didanai.