Home / Berita / Kegiatan Sosialisasi SINTA 2018

Kegiatan Sosialisasi SINTA 2018

Pada bulan Januari 2017, Kementerian RISTEKDIKTI telah meluncurkan portal SINTA (Science and Technology Index). SINTA adalah portal yang berisi tentang pengukuran kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi yang meliputi salah satunya adalah kinerja peneliti/dosen. Portal SINTA akan menjadi wahana yang dapat menjembatani publikasi bagi dosen dan peneliti, dan akan menjadi media yang dirujuk dalam regulasi di Kementerian RISTEKDIKTI.

Dalam rangka meningkatkan jumlah dosen UNPAR yang memiliki akun di SINTA, LPPM kembali mengadakan sosialisasi SINTA dengan bekerja sama dengan Dekan Fakultas. Sosialisasi ini dilakukan pada tanggal 25-27 April 2018 dengan mendatangi fakultas-fakultas. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan di 4 Fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik, dan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains.

Kegiatan ini ditunjukan untuk para dosen Universitas Katolik Parahyangan yang belum terdaftar di portal Science and Technology Index (SINTA). Dalam kegiatan ini, para peserta didampingi untuk langsung melakukan pendaftaran pada website SINTA, dan juga pembuatan akun di Google Scholar yang wajib dimiliki sebagai syarat pembuatan akun portal SINTA.

Jumlah dosen yang hadir bervariasi untuk setiap sesinya, tetapi secara keseluruhan cukup banyak dosen yang hadir untuk kegiatan ini. Jika dihitung secara total, 43 dosen hadir dalam kegiatan tersebut, dan jumlah dosen UNPAR yang memiliki akun di SINTA bertambah. Hal ini telah meningkatkan peringkat SINTA UNPAR dari peringkat 55 ke 50 (info saat artikel ini ditulis).

Harapan ke depannya semua dosen UNPAR memiliki akun SINTA dan semua publikasi dosen dapat terindeks juga di SINTA.