Home / Berita / Focus group discussion (FGD) – Kaukus Dosen Muda

Focus group discussion (FGD) – Kaukus Dosen Muda

Focus group discussion (FGD) kembali diselenggarakan oleh LPPM UNPAR, pada hari Jumat, 9 September 2018 di Operation Room Lt. 4, Gd. Rektorat UNPAR. Kegiatan FGD ini membahas program kerja Kaukus Dosen Muda terkait kegiatan penelitian di Universitas Katolik Parahyangan.

 

FGD ini mengundang para Dosen Muda, Dekan Fakultas, Ketua Jurusan, Kepala Program Studi, dan Kepala Pusat Studi di lingkungan Universitas Katolik Parahyangan. Tujuan dari FGD ini adalah para dosen muda dapat lebih mengeksplorasi hasil survei dan mendapatkan umpan balik dari hasil studi yang mereka lakukan. Selain itu, dalam FGD ini juga hadir 2 narasumber yaitu Bapak Teguh Dartanto, Ph.D. (Universitas Indonesia) dan Bapak Dr. Palti Marulitua Sitorus (Telkom University) untuk berbagi pengalaman terkait kegiatan maupun manajemen penelitian dan insentif.

 

Focus group discussion (FGD) diawali dengan paparan mengenai hasil survei yang telah dilakukan selama bulan Juli 2018 di lingkungan Universitas Katolik Parahyangan. Paparan ini disampaikan oleh salah satu dosen muda yaitu Bapak Dr. Rulyusa Pratikto (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNPAR). Paparan disampaikan secara runut berdasarkan poin-poin dalam kuesioner. Poin-poin tersebut terdiri dari:

  1. Faktor yang menentukan besarnya minat meneliti,
  2. Penelitian Lintas Ilmu,
  3. Wacana Penugasan Dosen Pengajar dan Dosen Peneliti,
  4. Wacana Pemberian Insentif Bonus bagi Dosen,
  5. Wacana 1-2 SKS Beban Penelitian Wajib untuk Dosen Muda,
  6. Dukungan untuk Penelitian Dosen Muda.