Home / Berita / Donasi Alat Program Kampung Berseri ASTRA Desa Sejahtera (KBADS) ASTRA-UNPAR di Kabupaten Garut dan Kabupaten Kuningan

Donasi Alat Program Kampung Berseri ASTRA Desa Sejahtera (KBADS) ASTRA-UNPAR di Kabupaten Garut dan Kabupaten Kuningan

Program Kampung Berseri Astra Desa Sejahtera (KBADS) merupakan program pemberdayaan masyarakat kerja sama antara UNPAR dengan ASTRA Internasional yang melibatkan dosen-dosen UNPAR sebagai penanggung jawab di setiap desa. Adapun Desa Sejahtera ASTRA yang berlokasi di Kabupaten Garut yaitu Desa Putrajawa (BUMDes Putra Mandiri) dengan PIC Bapak Rulyusa dari FISIP UNPAR. Lokasi Kabupaten Kuningan, Desa Subang (BUMDes Malar Walatra) Penanggung Jawab program adalah Bapak Wilfridus Demetria dari Fakultas Filsafat UNPAR dan Desa Lebakherang (BUMDes Mugirahayu) dengan PIC Bapak F.X Bambang K. Subowo dari LPH UNPAR.

Untuk mengoptimalkan kinerja BUMDes, ASTRA memberikan bantuan alat yang didonasikan untuk BUMDes. Bantuan peralatan yang telah diberikan untuk BUMDes Putra Mandiri adalah mesin pemotong bambu, mesin irat bambu, pemantiklas portable, dan genset. Bantuan peralatan untuk BUMDes Malar Walatra adalah mesin pengupas kopi (huller) dan tempat sampah, sedangkan untuk BUMDes Mugirahayu adalah satu perangkat komputer lengkap dengan printer. Peralatan tersebut diberikan setelah sebelumnya dilakukan assessment dari para PIC terkait kebutuhan BUMDes.

Serah terima donasi alat ini dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 2020 di Balai Desa Putra Jawa, tanggal 15 Februari 2020 di Balai Desa Subang dan tanggal19 Februari 2020 di Desa Lebakherang. Acara serah terima ini dihadiri oleh Kepala Desa, Pengurus BUMDes, PIC, dan tim dari LPPM.

Dengan adanya donasi alat ini diharapkan dapat membantu meningkatkan produk-produk BUMDes yang disertai dengan pendampingan yang berkelanjutan.