Home / Berita / CAREDs-Genap Usia 2 Tahun

CAREDs-Genap Usia 2 Tahun

Pada tanggal 16 November 2018, Pusat Studi Adaptasi dan Resilensi Desain Lingkungan (CAREDs) genap berusia 2 tahun. Peringatan hari jadi yang kedua tersebut, dibuka oleh Laporan Ketua CAREDs, Dr. Y. Karyadi Kuslianjah, dilanjutkan Sambutan oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerjasama UNPAR, Dr. Budi Husodo Bisowarno, yang merupakan salah satu inisiator Pusat Studi CAREDs.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan juga SEMINAR NASIONAL berjudul: “Tantangan dan Peluang Shelter Evakuasi Bencana dalam menghadapi Situasi Kebencanaan di Indonesia” yang terbagi atas 3 (tiga) sesi, dengan dihadiri oleh sekitar 80 peserta yang datang dari kalangan akademisi, mahasiswa, parktisi, dan tamu undangan baik dari UNPAR ataupun dari luar UNPAR.

Sesi I: Presentasi Konteks Kebencanaan di Indonesia

Pembicara B. Wisnu Widjaja dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Andreas Hapsoro dari HABITAT for Humanity Internasional-Asia Pacific, dan didampingi moderator, Dr. Orpha Jane, yang merupakan Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumberdaya sekaligus anggota Pusat Studi CAREDs.

Sesi II: Presentasi Tantangan dan Peluang Shelter Evakuasi Bencana

Sesi II ini dimoderatori oleh Dr. Sylvia Fettry, salah satu dosen Fakultas Ekonomi UNPAR, dan tampil sebagai pembicara adalah  Prof. Arief Sabaruddin dari Pusat Penelitian Perumahan dan Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Puslitkim KemenPUPR), juga dari Pusat Studi CAREDs sendiri yang diwakili oleh Dr. Giosia Pele Widjaja dan Yenny Gunawan, S.T., M.T.

Sesi III: Presentasi Sayembara Desain Shelter Evakuasi Bencana

Di hari jadinya yang kedua ini, Pusat Studi CAREDs menyelenggarakan SAYEMBARA Desain Shelter Evakuasi Bencana berteknologi Pintar dan Adaptif terhadap Konteks Kebencanaan di Indonesia. Peserta yang turut berpartisipasi pada kegiatan ini tercatat lebih dari 50 tim, atau lebih dari 150 peserta, datang dari seluruh Indonesia, seperti Medan, Pekanbaru, Lampung, Manado, Jogjakarta, Semarang, dan lain-lain, mulai dari praktisi, mahasiswa, dan umum.